Ads

Kabupaten Bogor Akan Terapkan Sistem Informasi Desa

Tahun 2018, 416 Desa akan diberikan pelatihan SID. 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan pelayanan sistem informasi desa (SID), Pemerintah Kabupaten Bogor studi banding di Kabupaten Kebumen. 

Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor melakukan studi banding di Desa Seling, Kecamatan Karang Sambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah pada tanggal 4-5 Mei 2017. 

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Desa Seling, Sutarjo dan jajaran untuk melihat dari dekat sistem informasi desa yang sudah diterapkan Desa Seling sejak Tahun 2014. "Sistem Informasi Desa merupakan implementasi Undang Undang Tentang Desa Nomor 6 Tahun 2016 yang mengatur tentang sistem informasi desa," kata Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Deni Ardiana. 

Dalam pelaksanaanya, program ini kerjasama Pemerintah Kabupaten Kebumen dengan Kerjasama Combine Resource Institute dukungan World Foundation, Forum Masyarkat Informasi (Formasi) dan Divisi Lumbung Komunitas yang menjadikan 10 desa percontohan sistem informasi desa. 

Tujuan dilaksanakannya sistem informasi desa adalah salah satunya keterbukaan informasi yang di update setiap 6 bulan, sehingga data profil desa akurat dapat diakses publik. Sistem ini didukung dengan aplikasi teknologi informasi bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Kebumen. 

"Bila disandingkan kemajuan Desanya, sebanyak 449 desa di Kabupaten Bogor sudah swakarya dan swasembada, dan hanya 6 desa yang masih swadaya setelah menerapkan SID. Sementara, 416 desa di Kabupaten Bogor yang sudah swakarya baru 15 desa," jelasnya. 

Dari hasil studi banding ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa segera membuat draft Peraturan Bupati tentang Sistem Informasi Desa. Targetnya diawali pada tahun 2018 sudah dapat memberikan pelatihan bagi aparatur desa untuk menguasai Sistem Informasi Desa dan menguasai aplikasinya. (dwitama)


Diberdayakan oleh Blogger.