Ads

CBA Soroti Dugaan Penyimpangan Raskin dan Rutilahu

CBA: Dugaan Penyimpangan Raskin dan Rutilahu. 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Aksi demo puluhan warga di Desa Citapen, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Rabu kemarin, mendapat perhatian berbagai kalangan.  Demo itu mendesak Bupati Bogor untuk mencopot Bambang Setiawan sebagai Camat Ciawi.  

Tak hamya itu, beredarnya rekaman pembicaraan Camat dengan salah seorang anggota LSM terkait dugaan penyalahgunaan dana bantuan Rutilahu dan Raskin di beberapa desa yakni Desa Jambu Luwuk, Desa Citapen, Desa Cibeduk dan Desa Telukpinang juga menjadi perhatian publik. 

Direktur Center for Budget Analysis, Ucok Sky Khadafi menilai, tuntutan warga harus segera di respon Bupati Bogor Nurhayanti. Selain telah menimbulkan keresahan di masyarakat, beredarnya rekaman pembicaraan antara Camat Ciawi dengan oknum salah seorang anggota LSM membuktikan gagalnya pengawasan pihak kecamatan dan intansi terkait dalam mengawal program pemerintah.

Menurutnya, aparat Kepolisian serta Kejaksaan Negeri Cibinong harus turun tangan melakukan penyelidikan atas penyaluran bantuan Raskin dan Rutilahu di desa-desa yang disebut dalam rekaman. "Bupati harus bertindak agar masyarakat tidak dibikin resah," ungkap Ucok saat dihubungi.

Sementara, Kepala seksi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarat Kecamatan Ciawi, Hj Yayah menjelaskan, hingga saat ini dari 13 desa yang ada diwilayah Kecamatan Ciawi baru 5 desa yang telah menebusnya, dan pagu harga Rasta dari bulog baru turun pada akhir April 2017.

"Baru ada lima desa yang sudah mengambil Rasta. Kami hanya menfasilitasi antara pihak desa dengan bulog, soal pembayaran itu langsung dilakukan desa melalui Bank BRI dan belum ada informasi dugaan terjadinya penyalahgunaan penyaluran Rasta di masyarakat," singkatnya. (rif)

Diberdayakan oleh Blogger.