Ads

Bawaslu Diminta Dorong Partisipasi Publik

Bawaslu Diminta Dorong Partisipasi Publik dan Parpol 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) adalah lembaga independen yang ditunjuk oleh Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu). 

Lembaga ini bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di seluruh Indonesia. Pengawasan Pemilu oleh Bawaslu dilakukan mulai dari tahapan, penyelenggaraan, hingga penegakkan hukum apabila dalam Pemilu terjadi pelanggaran. 

Meskipun fungsi utamanya sebagai pengawas, namun Bawaslu juga diminta berperan aktif dalam mendorong tingkat partisipatif masyarakat dalam pengawasan Pemlilu. Termasuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang sudah digelar dua kali, yaitu Pilkada Serentak 2015 dan 2017.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dalam acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dan Bawaslu Jabar Award 2017 di Hotel Harris Festival Citylink, Jl. Peta No. 241, Kota Bandung, Kamis (27/04/2017) kemarin.  

Dirinya mengatakan, dalam setiap penyelenggaraan Pilkada diperlukan sistem pengawasan yang tidak saja efektif dan efisien, namun juga mampu mendorong partisipasi publik dan partai politik untuk melakukan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah. (red)


Diberdayakan oleh Blogger.