Ads

Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Puskesmas Jasinga.  


BERITA BOGOR | beritabogor.com - Upaya mengajak masyarakat Kabupaten Bogor untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat maka perlu dilakukan Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). 

Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kesehatan kembali menggelar sosialisasi STBM) di wilayah Kabupaten Bogor. Salah satunya kegiatan sosialisasi di aula Puskesmas Jasinga, Kamis (6/4/2017).

Kepala UPT Puskesmas Jasinga Anang Sujana mengungkapkan untuk wilayah Kecamatan Jasinga hampir sekitar 50 persen masyarakat masih BAB tidak pada tempatnya. "Tantangan terberat bagi kami itu karena disini ada aliran sungai dan masyarakat menyangka punya sarana dan sudah terbiasa buang air disana," ungkapnya  

Dirinya mengakui untuk merubah perilaku masyarakat itu tidak mudah, namun dengan diberikan contoh dan pemahaman secara langsung pada akhirnya mereka akan sadar dengan sendirinya. "Masyarakat perlu diberikan pemahaman terhadap pentingnya STBM," paparnya. 

Tak hanya itu, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja, Didi Supriyono mengatakan prinsip dari STBM itu merubah perilaku dimana masyarakat yang semula BAB di sembarang tempat jangan sampai dilakukan kembali. " kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan pemicuan kepada masyarakat  agar mereka penuh dengan kesadarannya bisa merubah perilaku untuk diri sendiri," katanya. 

Pihaknya melakukan pendekatan serta pemicuan program STBM kepada masyarakat, dimana petugas hanya memfasilitasi saja dan mereka yang akan melaksanakannya. "Cara yang dilakukan untuk memicu kesadaran masyarakat adalah dengan rasa malu, rasa jijik, rasa bersalah dan rasa takut," jelasnya. (nday)


Diberdayakan oleh Blogger.