Ads

Saluran Irigasi Dibiarkan Bertebar Sampah

Sampah Menumpuk Di Jembatan Pasar Selasa, Kades Kerihkil Cuek

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Saluran irigasi di wilayah Ciseeng mengalami penyempitan ruas dan dangkal yang mengakibatkan air meluap hingga ke ruas jalan Pasar Selasa, tepatnya disekitar lingkungan RT 07 RW 02 Desa Kerihkil, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Kondisi irigasi tersebut juga berhimbas meluapnya air ke pemukiman warga, terutama saat hujan mengguyur. "Belum ada tanggapan dari UPT Pengairan wilayah parung dan pemerintah desa setempat yang masuk ke wilayah parung," ungkap Awaludin (47) warga Parung Lengsir RT 07 RW 02. 

Menurutnya, kondisi irigasi yang dangkal tersebut akibat sampah menumpuk dan tersangkut di jembatan.  "Dulunya Desa kerihkil itu lahan pertanian yang cukup luas dan selalu terairi, hingga lambat laun air yang dari rigasi tersebut mengalami kekeringan. Sampai saat ini," jelasnya. 

Terpisah, Kepala UPT Pengairan Wilayah Parung Wiwied menjelaskan pihaknya telah mengangkat dari bawah jembatan Desa Karihkil dengan volume sampah yang menumpuk luar biasa. Bahkan pihaknya sudah mengajukan ke dinas untuk normalisasi dan perbaikan saluran agar air tidak meluap ke jalan yang dapat merusak jalan di pinggir saluran tersebut.

"Kami menghimbau untuk mengajak masyarakat akan peduli sampah karena sampah bukan hanya tanggung jawab beberapa dinas atau UPT terkait tetapi warga juga harus peduli," himbaunya. (topik)


Diberdayakan oleh Blogger.