Ads

Pemkab Bogor Dukung Program Desa Wisata

Daya Tarik Desa Wisata Budaya, Alam, dan Produk Lokal

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Program desa wisata yang fokus pada pengembangan dan pengelolaan potensi yang ada di desa-desa didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Bogor

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor memberi dukungan kepada masyarakat untuk menata Desa Wisata di 25 desa se-Kabupaten Bogor.

Ketua Forum Desa Wisata Kabupaten Bogor, M. Eko Windiana, mengatakan program desa wisata lebih fokus terhadap pemberdayaan masyarakat desa itu sendiri. Dia mengatakan bahwa pemerintah kini tetap mengembangkan konsep desa wisata. 


"Konsep desa wisata adalah community based tourism atau pariwisata berbasis komunitas, di mana masyarakat sebagai pemilik sekaligus pengelolanya. Peran pemerintah sendiri lebih kepada sisi pemberdayaan masyarakat," jelasnya di Hotel The Rizen Cisarua Bogor, Selasa (4/4/2017).  

Menurutnya, daya tarik tersebut kemudian dikemas menjadi sebuah atraksi yang menarik para wisatawan, misalnya menjelaskan bagaimana cara pembuatan makanan atau mengolah minuman khas desa tersebut dan aktivitas lain yang ada di sana. 

Keunikan wisata, lanjutnya, merupakan kriteria wajib bagi desa yang ingin menjadi desa wisata. Jika tak ada keunikan yang bisa ditonjolkan, masih ada faktor SDM yang bisa membantu. Desa wisata harus menawarkan beragam aktivitas kepada para wisatawan yang berkunjung. Seperti, aktivitas di mana wisatawan diajak mengelilingi desa, kemudian melihat pembuatan alat-alat rumah tangga khas desa dan melihat warga membuat minyak kelapa. Ada pula memasak hidangan khas lokal dan cara membajak sawah dengan sapi.

Dirinya juga menyampaikan, konsep-konsep kehidupan sehari-hari warga desa wisata bisa dikemas menjadi sebuah atraksi. Selain itu, konsep desa wisata biasanya mengenai budaya di masing-masing desa yang dikembangkan. (rif)

 

Diberdayakan oleh Blogger.