Ads

Kabupaten Bogor Lancarkan Program KB Vasektomi

Bupati Bogor Usai Memberikan Sambutan Program KB Vasektomi 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Bogor kembali meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam program Keluarga Berencana melalui Metode Operasi Pria (MOP) atau Vasektomi. 

Kepala Bidang Keluarga Berencana Ketahanan Dan Kesejahteraan Keluarga (KBK3), Dra.Eni Irawati,MM. menjelaskan Vasektomi  adalah prosedur klinik untuk menghentikan kapasitas reproduksi pria dengan cara mengoklusi vasa deferensia sehingga alur transportasi sperma terhambat dan proses fertilisasi (penyatuan dengan ovum) tidak terjadi.

"Vasektomi merupakan salah satu cara KB untuk suami dengan menutup saluran mani melalui operasi kecil yang lebih ringan dari pada sunat atau khitanan. Tujuannya, menghalangi perjalanan spermatozoa (sel mani/bibit) pria. Bekas operasinya berupa satu luka di tengah atau dua luka kecil kanan kiri kantung Zakar," jelasnya diruang kerjanya, Senin (17/4/2017). 

Kegiatan akan dilaksanakan di Puskesmas Jonggol pada 18 April 2017, dan di Puskesmas Cigudeg pada 19 April 2017. Suami yang berminat dapat mendatangi lokasi kegiatan sesuai jadwal, namun bagi suami yang mengidap kencing manis, hernia (turun berok), kudis dan koreng di daerah scrotum (kantung pelir), tekanan darah tinggi, pembekuan darah atau keadaan kejiwaan yang tidak stabil maka tidak diperkenankan untuk vasektomi. (als)





Diberdayakan oleh Blogger.