Ads

Jawa Barat Serius Berantas Pungli Tambang Bogor,

Saber Pungli Jabar Akan Kerjasama dengan Pusat

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Untuk memberatas pungli angkutan pertambangan di Kabupaten Bogor,  Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (saberpungli) Provinsi Jawa Barat akan bekerjasama dengan Tim Pusat. 

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar  saat melakukan kunjungan ke Yayasan Pendidikan Islam Az-Zabidiyah (YAPIA), Jl. Raya Maloko, Kampung Banjar Pinang RT 001/007, Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Senin (24/4/2017).

Dilokasi ini, Deddy Mizwar mendengarkan langsung pengaduan masyarakat tentang kondisi infrastruktur jalan yang rusak berat serta kondisi alam yang mulai rusak akibat pertambangan pasir dan batu untuk kepentingan pembangunan reklamasi Pantai Utara Jakarta. 

Deddy Mizwar menegaskan terdapat 80 persen penambangan di Bogor untuk suplai reklamasi Jakarta. Dirinya mengaku telah melaporkannya langsung kepada Presiden. "Pungli angkutan pertambangan di Rumpin mencapai ratusan juta rupiah dalam sehari. Dalam sidak yang pernah dilakukan terungkap bahwa setiap truk yang melintas dipungut pungli Rp 80 ribu, sementara jumlah truk yang melintas mencapai 3.000-an per hari, sehingga apabila dijumlahkan pungli tadi mencapai Rp 240 juta per hari," ungkapnya. 

Pihaknya akan berupaya memberantas pungli tersebut. Pemprov Jawa Barat melalui Saber Pungli akan kerjasama dengan Saber Pungli Pemerintah Pusat. Sementara infrastruktur jalan di Rumpin merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten Bogor. Oleh karena itu, pihaknya tidak berani melakukan pembangunan perbaikan jalan tersebut karena akan menyalahi aturan. 

"Kita punya Saber Pungli. Kita akan kerjasama dengan Saber Pungli Pusat untuk memberantas pungli disini. Membersihkan pungli Rp 240 juta sehari tadi, kita tertibkan," ucap Demiz. (taufik)


Diberdayakan oleh Blogger.