Ads

Sanggar Seni Budaya Diminta Manfaatkan Gedung Kesenian

Disbudpar Ajak Sanggar Manfaatkan Gedung Kesenian


BERITA BOGOR | beritabogor.com - Gedung Kesenian yang terletak di Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor akan terus difungsikan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ( Dusbudpar). 

Kepala Seksi Kesenian pada Disbudpar Kabupaten Bogor Heni Widiawati, mengatakan pihaknya selalu memberikan motivasi bagi sanggar-sanggar yang ada di Bumi Tegar Beriman untuk memanfaatkan Gedung Kesenian dengan berbagai kegiatan kesenian maupun kebudayaan untuk berkreasi dan berekspresi. 

"Tujuannya untuk melestarikan seni budaya tradisional, mengapresiasi sanggar sekaligus memfungsikan gedung kesenian sebagai wadah kreatifitas oleh Disbudpar bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dalam pengerahan pelajar untuk bisa berapresiasi terhadap kesenian tradisional sekaligus mengenal dan mencintai seni budaya," katanya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (14/3/2017). 

Disbudpar, lanjut Heni Widiawati, melalui Seksi Kesenian juga telah merencanakan program diantaranya kegiatan pentas seni budaya yang melibatkan sanggar-sanggar. "Hal ini sebagai bentuk motivasi sekaligus apresiasi bagi sanggar tersebut," jelas dia.

Gedung Kesenian Kabupaten Bogor diresmikan pada Juni 2010 dan menelan APBD Rp 8,8 miliar.

Menurutnya kegiatan Pentas Seni Disbudpar Kabupaten Bogor akan dilaksanakan gelombang pertama pada 23 Maret 2017 dan 27 April 2017. Sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan sekitar bulan Agustus atau Oktober (tentatif-red). 

"Sanggar-sanggar yang akan kita libatkan diantaranya Sanggar Pinutri dan Sanggar Bintang Budaya yang rencanakan akan menampilkan tarian Jaipong, tari Sunda dan Betawi selama dua jam di Gedung Kesenian. Selanjutnya akan menampilkan sanggar-sanggar lainnya," jelasnya. (adv)


Diberdayakan oleh Blogger.