Ads

Pilkades Serentak Ribuan Warga Pasirlaja Golput

Ribuan Warga Desa Pasirlaja Pilih Golput Saat Hari Pencoblosan 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Golongan Putih (Golput) bukan hanya ditemukan pada perhelatan Pemilihan Presiden maupun Pemilihan Kepala Daerah, faktanya pada ajang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tingkat Kabupaten Bogor Gelombang Pertama juga masih ditemukan terjadi golput. 

Ketua Panitia Pilkades Desa Pasirlaja Kecamatan Sukaraja, Dedi Sumaji, membenarkan fenomena ini di Desa Pasirlaja. "Pada DPT tercatat 8704 hak pilih akan tetapi warga pemilih yang hadir hanya 5447 warga saja," ungkapnya usai penetapan hasil penghitungan suara di lokasi TPS Desa Pasirlaja, Minggu (12/3 /2017) 

Dirinya juga menjelaskan surat suara yang tidak digunakan sebanyak 3408, surat suara yang rusak sebanyak 88. "Ada 3547 hak pilih yang tidak datang mencoblos, padahal surat undangan pencoblosan sudah kami distribusikan ke setiap pengurus RW dan RT sebanyak 8704 surat sesuai DPT Pilkades Desa Pasirlaja," ungkapnya.

Dirinya memaparkan, hasil penghitungan suara yang telah di ditetapkan oleh panitia dan empat saksi para kandidat meliputi Calon Nomor 1 Yayan Mulyana memperoleh 995 suara, Calon Nomor 2 Hendra Supriadi mengantongi 1557 suara, Calon Nomor 3 Rusdi Rosyadi meraih 912 suara, sedangkan Calon Nomor 4 Ade Herimawan unggul dengan 1895 suara. 

Camat Sukaraja menyikapi hak pilih yang tidak hadir sekitar 40 persen.  

Dalam kesempatan ini Camat Sukaraja, R.Makmun Nawawi di dampingi Muspika Kecamatan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Pasirlaja yang telah turut menciptakan suasana kondisif selama pelaksanaan tahapan Pilkades. "Bagi Calon yang unggul diminta untuk merangkul Calon lainnya, dan memegang teguh deklarasi damai menjaga suasana tetap kondusif," pesannya. 

Disinggung adanya ribuan warga yang tidak hadir memilih, Camat Sukaraja menegaskan berdasarkan data hasil penghitungan suara tenyata warga yang memiliki hak pilih hadir menggunakan hak pilih sekitar 60 persen dari DPT. "Mungkin warga ada yang punya kesibukan mendesak sehingga tidak bisa hadir. Tapi kalau yang hadir sudah mencapai 60 persen bukan masalah,' katanya. 

Pantauan Berita Bogor, jumlah warga Desa Kembang Kuning Kecamatan Klapanunggal yang telah tercatat di DPT yang tidak hadir menggunakan hak pilihnya sebanyak 1981 orang dari DPT sebanyak 11089 orang. Sementara di Desa Sukagalih Kecamatan Jonggol dilaporkan DPT Pilkades sejumlah 2922, sedangkan yang tidak hadir menggunakan hak pilihnya sebanyak 204 warga. Sedangkan di Desa Rancabungur Kecamatan Rancabungur tercatat DPT 7479 orang dan yang tidak hadir sebanyak 1530 orang. (als)


Diberdayakan oleh Blogger.