Ads

Perangkat Daerah Diminta Efisiensi Anggaran

Bupati Bogor Minta Perangkat Daerah Lakukan Efisiensi APBD 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Guna meningkatkan kedisiplinan dan semangat kerja dalam memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bogor mengelar apel kesadaran tingkat Kabupaten Bogor di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Jumat, (17/3/2017).

Sambutan Bupati Bogor, yang dibacakan Asisten Pemerintahan Kabupaten Bogor, Burhanudin, menyebutkan pada awal bulan Maret yang lalu telah dilaksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kabupaten Bogor. Seluruh usulan yang disampaikan oleh peserta di luar perangkat daerah dapat diverifikasi dengan baik berdasarkan tema, prioritas dan fokus pembangunan tahun 2018. 

Pemerintah Kabupaten Bogor mengantisipasi terkait kegiatan yang membutuhkan biaya cukup besar pada tahun 2018, yakni penyelenggaraan Pilkada Serentak Slserta penyelenggaran Porda XIII dan Peparda. Dengan anggaran yang terbatas, hal ini tentunya akan berdampak pada efisiensi pelaksanaan kegiatan perangkat daerah, terutama pada pos-pos belanja yang tidak mendukung secara langsung kegiatan pencapaian target RPJMD.

Bupati Bogor juga meminta kepada setiap kepala perangkat daerah hendaknya berupaya melakukan efisiensi dengan menghitung kembali kebutuhan riil pelaksanaan program dan kegiatan pada tahun 2018.

Seluruh Kepala Perangkat Daerah yang telah ditugaskan atau pengguna anggaran, termasuk kuasa pengguna anggaran dan PPTK OPD lama juga diminta untuk mempersiapkan dan mengawal pembahasan LKPD tersebut, mengingat laporan yang disampaikan terkait dengan kinerja opd tahun 2016 dengan nomenklatur lama serta indikator kinerja yang lama serta agenda lain yang juga harus dipersiapkan pada akhir bulan maret ini adalah penyampaian evaluasi kinerja triwulanan. 

Untuk diketahui, rangkaian jadwal perencanaan Provinsi Jawa barat adalah Pra Musrenbang Provinsi Jawa Barat wilayah Bogor akan dilaksanakan pada tanggal 27 maret 2017, bertempat di Kota Bogor. Sedangkan Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Barat akan dilaksanakan pada tanggal 10 April 2017, dengan pola virtual meeting antara Gubernur Jawa Barat dengan Bupati dan Walikota se-Jawa Barat.
Pada tanggal 11-12 April akan dilakukan desk usulan masing-masing perangkat daerah Kabupaten dan Kota dengan perangkat daerah Provinsi Jawa Barat di Bappeda Provinsi Jawa Barat. Pada tanggal 13 april 2017 akan dilaksanakan acara puncak sekaligus penutupan musrenbang RKPD Provinsi Jawa Barat yang direncanakan akan diselenggarakan di Bandung. (red) 
.


Diberdayakan oleh Blogger.