Ads

Pariwisata Butuh Dukungan Pentahelix

Pengembangan Pariwisata Perlu Dukungan Pentahelix


BERITA BOGOR | beritabogor.com -- Berbicara pengembangan Pariwisata, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan pentingnya keterlibatan insan akademisi terkait dengan sinergitas pentahelix yang juga melibatkan, pelaku bisnis, pemerintah, komunitas, dan media. "Sinergi Pentahelix tersebut menjadi kunci mengembangkan pariwisata," ungkap Deddy Mizwar, kemarin.

Deddy Mizwar mengungkapkan bahwa Jawa Barat memiliki potensi kultural- industri yang luar biasa. Bahkan kata Deddy, bila dibandingkan, misalnya Bali yang mono -kultur, sementara Jawa Barat memiliki kultur yang beragam.


"Ini yang perlu gali diantaranya dari segi 'Attractiveness,' 'Amenities,' atau keterediaan fasilitas, dan yang terpenting tentu 'Accessibility' atau akses menuju kawasan wisata," katanya.

Dirinya mengungkapkan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mencatat sekitar 46,1 juta wisatawan telah berkunjung ke Provinsi Jawa Barat selama tahun 2016. Jumlah tersebut terdiri 45 juta wisatawan lokal dan 1,1 juta wisatawan mancanegara.

Jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara untuk tahun 2016 ke Jawa Barat tersebut melebihi target yang ditetapkan. Dimana target yang ditetapkan oleh Disparbud Jawa Barat pada 2016 sebanyak 38 juta wisatawan lokal dan 1,1 juta wisatawan mancanegara.

"Sehingga, pada tahun 2017 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mematok target hingga 46,3 juta wisatawan, dengan masing-masing 45 juta wisatawan domestik dan 1,3 juta wisatawan mancanegara. Target ini naik sekitar 20 persen dari tahun lalu," ungkapnya. (red)


Diberdayakan oleh Blogger.