Ads

Mayoritas SDN Belum Miliki Lab Komputer

Diberlakukan UNBK, Mayoritas SDN Belum Miliki Lab Komputer 

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Dasar (SD) sudah diberlakukan sejak tahun lalu di Kabupaten Bogor. Bulan Mei tahun ini, pelajar SD akan menghadapi UNBK kembali. Ironisnya, mayoritas sekolah di Kabupaten Bogor belum memiliki sarana dan prasarana pendukung yang memadai.

Kendati diperbolehkan, lanjutnya, dana bantuan operasional sekolah (BOS) juga belum memadai dipergunakan untuk sarana dan prasarana pendidikan komputer. "Idealnya, setiap SDN memiliki Lab. Komputer guna menghadapi UNBK. Karena dana BOS belum menunjang, tidak tertutup kemungkinan setiap sekolah menggandeng pengusaha yang bersifat tidak mengikat sebagai salah satu solusi," kata Kepala UPTP IV Sukaraja, Istiyarto, Rabu (29/3/2017). 

Sebelumnya, Kepala SDN Pasirlaja 03, Dra. Suryati, mengeluhkan minimnya sarana dan prasarana ruang belajar komputer, dan pihak sekolah masih mengupayakan solusinya.  "Saat ini masih menggunakan ruang perpustakaan, namun minat belajar peserta didik cukup tinggi dan kemampuan menyerap pelajaran materi dan praktek tergolong baik yang dibimbing guru komputer, apalagi siswa akan menghadapi UNBK," ungkapnya. 

Sementara, Guru Komputer SDN Pasirlaja 03, Zikri mengatakan perlunya Lab Komputer untuk menunjang ketrampilan pelajar. "Saat mengajar pun terpaksa harus saya back up menggunakan laptop. "Hanya saja belum ada Lab Komputer serta daya dukung wifi, jaringan internet serta printer masih belum ada, tapi kegiatan belajar mengajar tetap lancar," tambahnya. (als) foto ilustrasi



Diberdayakan oleh Blogger.