Ads

Kabupaten Bogor Uji Coba Pilkades e-Voting

Pilkades Desa Babakan Kecamatan Ciseeng Uji Coba e-Voting. 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Desa Babakan, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor periode 2017 - 2023 berlangsung hari ini, Minggu (12/3/2017) menerapkan uji coba e-Voting.  

Proses pemilihan yang berlangsung kondusif dan melibatkan tiga Calon Kepala Desa ini juga di saksikan langsung oleh Ditjen Administrasi Kependudukan Pusat, Bupati Bogor, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor serta aparatur pemerintahan Kecamatan Ciseeng dan masyarakat pemilih.  

"Pilkades Desa Babakan  Kecamatan Ciseeng merupakan uji coba yang pertama kali menggunakan sistem e-voting dengan daya dukung perangkat Teknologi Informasi dan Komputerisasi," kata Ketua Panitia Pilkades Babakan, Acap Sutisna. 

Menurutnya, sistem pemilihan yang baru diterapkan ini disambut cukup antusias oleh warga Desa Babakan.  "Warga berharap sistem ini lebih transparan dalam proses pemilihan Kades dengan harapan kelak akan muncul pemimpin yang membawa kemajuan kearah lebih baik," imbuhnya. 

Kendati demikian, dari sejumlah 10374 pemilih yang telah ditetapkan panitia ternyata pelaksanaan uji coba sistem e-Voting juga mengalami kendala. "Pasalnya, tidak semua warga memahami betul cara kerja sistem tersebut, sehingga pemungutan suara harus diperpanjang selama satu jam kedepan," ungkapnya. 

Pemerintah Kabupaten Bogor untuk kali pertama melakukan uji coba e-Voting pada Pilkades Serentak Gelombang Pertama Tahun 2017. Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, sistem ini berhasil di uji coba d Desa Babakan Kecamatan Ciseeng, sedangkan Pilkades di 35 Desa lainnya masih menerapkan sistem manual. 

Sumber Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Republik Indonesia menyebutkan konsep kerja dari sistem e-Voting ini dilakukan secara online, sehingga pelaksanaan pilkades akan lebih efektif dan efisien. Sistem e-voting ini memiliki kebutuhan fungsional yang mampu mengakomodir data calon pemilih, validasi data pemilih, sistem pemilihan, dan sistem perhitungan suara yang memenuhi kriteria e-voting.  (legos)


Diberdayakan oleh Blogger.