Ads

Jabar Soroti Krisis Air Dan Ketahanan Pangan

Alam menjadi penentu keberlangsungan hidup umat manusia. 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Akademisi bisa memikirkan tindakan perekonomian atau usulan dan rancangan ekonomi masa depan yang bisa berdampak luas untuk menyelesaikan masalah sosial masyarakat saat ini.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menekankan pentingnya mewujudkan tujuan pembangunan ekokomi dari sektor mikro, yaitu berhasil mengentaskan kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan menghadirkan pelestarian lingkungan. 

Menurutnya, alam menjadi penentu keberlangsungan hidup umat manusia. Apabila alam tidak bisa dijaga dengan baik, maka kebutuhan manusia akan air dan pangan pun akan terganggu. “Pemikiran yang menyatakan bahwa tindakan ekonomi itu ditoleransi kalau ada kerusakan lingkungan, yang penting ada dampak positif bagi kesejahteraan dan pendapatan masyarakat," paparnya, di Bandung, kemarin. 

Kerusakan alam, lanjutnya, akan menyebabkan berkurangnya pasokan air bersih dan pangan yang sehat. Menurut Aher, dampak dari krisis air dan pangan akan jauh lebih hebat daripada krisis energi. Kelaparan hingga kematian akan menyebabkan punahnya manusia dari bumi ini.

“Dalam konteks perekonomian – ternyata kekhawatiran yang sangat tinggi adalah krisis air dan krisis pangan, sebelum krisis energi. Meskipun krisis energi sering muncul ke permukaan, tapi krisis energi tidak sehebat dampaknya ketika ada krisis pangan dan krisis air,” paparnya.

Dijelaskan, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada 2016 mencapai 5,67%. Angka ini tertinggi dibanding provinsi lainnya di Pulau Jawa. Sektor penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat yaitu dari sektor informasi dan komunikasi mencapai 14,27%.

"Namun, kontribusi besar pertumbuhan ekonomi Jawa Barat dari sektor ini harus bisa diantisipasi. Hal ini agar tidak berpengaruh terhadap tingkat penyerapan tenaga kerja, dimana sektor informasi dan komunikasi bisa mengakibatkan alih sumber daya dari tenaga kerja manusia menjadi sumber daya berbasis teknologi," katanya. (red) 


Diberdayakan oleh Blogger.