Ads

Bimbingan Manajemen Kelompok Usaha Perempuan Kabupaten Bogor

Pemerintah Kabupaten Bogor Bimbing Kaum Perempuan Manajemen Usaha


BERITA BOGOR - beritabogor.com - Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengelolan usahasehingga dapat mencapai efektifitas dan efesiensi usaha yang optimal serta memiliki daya saing usaha yang tinggi, maka Pemerintah Kabupaten Bogor melalukan berbagai langkah dan upaya.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan Bimbingan manajemen usaha bagi kelompok usaha perempuan se-Kabupaten Bogor yang berjumlah 115 orang di Taman Teratai Hotel Cisarua Bogor yang berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 22 s/d 23 Maret 2017.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bogor, Emmy Pernawati, SH, M.Si, menyampaikan sesungguhnya aktivitas ekonomi kaum perempuan dapat menggerakkan ekonomi rakyat yang  sangat bermakna bagi perkembangan perekonomian nasional.

Menurutnya, melalui pertumbuhan ekonomi, kesempatan atau lapangan kerja dapat tercipta, pendidikan yang lebih merata, kesehatan dan gizi yang terjangkau dan terpenuhi akan menghasilkan manusia yang lebih terdidik dan sehat yang mampu menjadi lebih produktif secara ekonomi.

"Pemerintah Kabupaten Bogor menyadari bahwa pendekatan pembangunan daerah yang bertumpu pada pembangunan manusia merupakan komitmen yang tersirat dan tersurat pada visi yang akan dituju. Pembangunan yang berpusat pada manusia terutama kaum perempuan ditempatkan sebagai tujuan utama bukan hanya sebagai obyek pembangunan akan tetapi harus di pacu dan dijadikan sebagai subyek pembangunan," paparnya.

Dirinya meminta sinergitas dan  sinkronisasi antar satuan kerja perangkat daerah sangatlah penting terutama dalam memberikan pelayanan,  menggali dan memetakan potensi usaha kaum perempuan agar dapat diketahui tingkat perkembangan dan permasalahan yang dihadapi oleh para pengusaha ekonomi mikro dan kecil.

Terkait dengan hal tersebut, selama 2 (dua) hari kaum perempuan yang  mengikuti bimbingan akan dibekali dengan ilmu dan pengetahun tentang pemberdayaan ekonomi perempuan melalui program PEKKA (Perempuan sebagai Kepala Keluarga), strategi penjualan pada obyek wisata, strategi dan daya saing usaha pemasaran bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan wawasan umum tentang kemasan yang dipaparkan oleh dinas terkait. (adv)

Diberdayakan oleh Blogger.