Ads

Banjir Bandang Bogor Terjang Enam Desa

Banjir bandang terjang enam Desa di Cigudeg dan Jasinga

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Intensitas curah hujan yang tinggi di kawasan Gunung Salak Bogor dan sekitarnya mengakibatkan banjir bandang yang menerjang permukiman warga di 6 Desa wilayah Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor, Jum'at (10/3/2017). 

Tidak ada korban jiwa, namun belum diketahui pasti jumlah warga yang mengalami kerugian materil akibat rumahnya terkena imbas banjir.

Desa Kalongsawah meliputi Kampung Peuteu, Kampung Garisul, Kampung Kalongdagul, Kampung Kalongsawah. Desa Pamagersari Kampung Sawah. Desa Jasinga Kampung Babakan. Desa Koleang Kampung Silongong. Desa Neglasari Kampung Koleang.

Camat Jasinga, Asep Aer Sukmaji, telah melaporkan kejadian ini ke pihak BPBD Kabupaten Bogor. "Tercatat enam rumah mengalami rusak ringan dan satu jembatan kayu hancur diterjang banjir," katanya.

Kepala Seksi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bogor, Budi Aksomo menjelaskan banjir bandang terjadi karena intensitas curah hujan yang tinggi di wilayah Gunung Salak. 

Dirinya menambahkan kejadian banjir bandang tersebut juga meluap ke permukiman dan menggenangi rumah warga hingga setinggi lutut orang dewasa, termasuk sejumlah sekolah juga terendam air. Tim Reaksi Cepat segera diterjunkan guna mengantisipasi terjadinya korban jiwa dan memberikan bantuan perahu karet. 

"Banjir bandang berasal dari luapan sungai Cidurian di Cigudeg. Sungai Cidurian melintasi Cigowong Desa Sukamaju Cigudeg hingga ke wilayah Kecamatan Jasinga," jelasnya. (unan) 




Diberdayakan oleh Blogger.