Ads

Warga Cibuluh Bogor Utara Terisolir Akibat Longsor

WARGA TERISOLIR AKIBAT TEBING SUNGAI CILIWUNG CIBULUH LONGSOR 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Tebing sungai Ciliwung Ambrol pasca hujan deras mengguyur membuat warga RT.09 RW.01 Kelurahan Cibuluh Kecamata Bogor Utara terisolir. Diduga bekas galian PGN, PLN, PDAM dan Telkom memicu kontur tanah menjadi rawan longsor

Warga setempat dibuat cemas mendengar suara runtuhan tebing sungai yang ambruk sedalam lebih kurang 12 meter. "saya baru saja lewat jalan ini bersama cucu, tak lama kemudian terdengar suarah gemuruh tanah longsor. Saya dan cucu bersyukur bisa selamat," kata Amin warga setempat, Selasa (21/02/2017) pagi.

Hal senada di utarakan warga setempat, Yohanes yang mendengar terjadinya longsor sekitar pukul 09.00 Wib. "Kondisi tanah longsor memutuskan akses jalan permukiman sepanjang 30 meter, dan warga disini tidak terisolir tidak bisa ke Jalan Raya Bogor. Apabila tidak segera ditindaklanjut maka pipa PGN dikhawatirkan bisa patah apabila ada longsor susulan yang mengancam keselamatan warga setempat," ungkapnya kepada Berita Bogor.

Menurut keterangannya, tanah longsor pernah terjadi pada awal Tahun 2016 silam yang lokasinya tak jauh dari lokasi tanah longsor yang terjadi hari ini. "Tahun lalu juga sudah terjadi longsor serupa, nahkan pihak Kelurahan dan Kecamatan sudah meninjau lokasi longsor itu. Akan tetapi permintaan warga untuk dilakukan turap sungai ciliwung hingga saat ini belum dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bogor," keluhnya.

Warga sekitar, Musa (nama disamarkan), memberikan kesaksian bahwa tanah di sekitar Jembatan Pomad perbatasan Kabupaten Bogor diduga sering digali oleh pihak PGN, PLN, Telkom dan PDAM yang diduga pengerjaannya asal jadi sehingga dapat memungkinkan kontur tanah menambah tidak stabil. "Ditambah lagi saat ini memasuki musim hujan, nah kejadian juga longsor itu, padahal sudah sering diperingati warga disini," ungkap dia.

Pantauan dilokasi, aparat Polsek Bogor Utara telah membentang Line Police di area longsor guna mengantisipasi longsor susulan. Sementara pipa gas negara yang membentang berdampingan dengan Jembatan Pomad Kota Bogor terancam patah apabila tidak segera dilakukan perbaikan turap penahan tebing sungai tersebut. (als)

 Lokasi longsor di RT 01/09 Kelurahan Cibuluh sejak 2016 yang belum diperbaiki Pemkot Bogor.
Diberdayakan oleh Blogger.