Ads

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kabupaten Bogor 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kabupaten Bogor, masyarakat dimobilisasi turun kejalan untuk membersihkan sampah-sampah yang berada di kawasan Puncak, Cisarua  guna memotivasi pelaku usaha di kawasan puncak dan wisatawan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar, Selasa (21/2/2017).

Dalam sambutannya Bupati Bogor, Hj.Nurhayanti mengatakan bahwa peringatan HPSN tahun 2017 tingkat Kabupaten Bogor diperingati dengan aksi nyata dengan melakukan pungut sampah di sepanjang jalur puncak Cisarua sampai Ciawi dan seluruh Kecamatan se Kabupaten Bogor. Maka kegiatan ini tidak hanya menjadi aksi sesaat melainkan menjadi sarana sosialisasi dan edukasi bagi seluruh warga masyarakat untuk lebih sadar mengurangi, memilah meletakkan sampah pada tempatnya, mengelola sampah secara bertanggung jawab, serta berperan serta dalam kegiatan pengelolaan sampah, baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun lembaga lembaga. 

Bupati menjelaskan kawasan puncak menurut laporan dari hasil riset aksi konsorsium save puncak pada tahun 2015-2016 ditemukan 44 titik timbunan sampah skala massif di kawasan pemukiman warga yang berlokasi di pinggir jalan, sempadan sungai. Kondisi ini sangat memprihatinkan mengingat volume sampah yang berlebihan tentunya menggangu kehidupan masyarakat dan mengancam kondisi sungai ciliwung yang merupakan salah satu sumber konservasi air terpenting di Jabodetabek. 

Dilokasi yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Panji Kstariaji menambahkan sedikit bahwa kegiatan dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional meningkatkan peran serta masyarakat dan para pelaku usahaa di dalam pengelolaan sampah sehingga penanganan nya dimulai dari hulu dan hilir, dalam kesempatan tersebut dibacakan deklarasi Kabupaten Bogor Bebas Sampah tahun 2020. (Adv)


Diberdayakan oleh Blogger.