Ads

Penerangan Taman Redup Jadi Tempat Pacaran

Taman Air Mancur Kota Bogor Kerap dijadikan Tempat Konkow dan Marak PKL 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Dugaan adanya pembiaran, redupnya lampu taman dan minimnya perawatan di sejumlah taman kota di wilayah Kota Bogor kerap dimanfaatkan sebagai tempat pacaran dan maraknya pedagang kaki lima. Masyarakat ingin Pemerintah Kota Bogor melakukan  revitalisasi taman menjadi lebih indah, asri dan berfungsi sebagai taman interaksi positif bagi kalangan masyarakat.  

Menanggapi ini, Kabid Dekorasi, PJU dan Pertamanan Dinas Perumahan dan Pemukimanan Kota Bogor, Yadi Cahyadi  menyanggah adanya pembiaran empat taman kota sebagaimana kabar yang dilansir salah satu media. Menurutnya, dua dari enam taman yang disebutkan media itu bukan milik dan dikelola Pemerintah Kota Bogor. Masing-masing Taman Air Mancur dan Taman Perlintasan Bogor merupakan milik pihak ketiga. 

Konsekeuensinya, lanjut dia, perawatan kedua taman itu tidak menjadi bagian dari tugas pihaknya. Namun demikian menurutnya para pengelola taman tersebut tidak membiarkan. Empat taman lainnya, masing-masing Taman Kencana, Taman Heulang, Taman Ekpresi dan Taman Corat-Coret dirawat setiap hari karena telah disediakan petugas perawatannya. "Mereka sudah berencana melakukan revitalisasi taman-taman tersebut," ujar Yadi saat ditemui di kantornya, Jumat (17/02/2017).  

Mengenai lampu-lampu taman di Taman Kencana diakuinya memang rusak akibat vandalisme . Pihaknya  akan segera memperbaiki di pengadaan anggaran tahun ini. Pihaknya menolak kabar yang menyebut tanaman di taman itu rusak dan tidak tumbuh subur. Dirinya mengaku sudah juga memeriksa Taman Corat-Coret. Disitu semua lampu menyala. Sedangkan tentang  banyaknya tiang di taman itu, pihaknya sudah menyurati dan menemui pihak terkait untuk dipindahkan. . 

Dirinya menjelaskan, setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB delapan petugas taman disebar ke taman-taman Kota Bogor untuk melakukan perawatan. Mulai dari kebersihan, perawatan tumbuhan hingga ornamen, semua dirawat. Setelah pukul 14.00 akan ada petugas patroli yang menjaga tanam. Ditambah lagi dengan keberadaan park ranger untuk ikut menjaga tanam dan berupaya meminimalisir kerusakan tanam akibat vandalisme. "Kami berharap warga sebagai pengguna taman dapat ikut menjaga ketertiban dan kebersihan sehingga taman bisa utuh sebagai tempat berkumpul dan berinteraksi," pungkasnya (als/fla/ismet)

 

Taman Kencana Kota Bogor nampak indah dan nyaman bagi masyarakat. 

Diberdayakan oleh Blogger.