Ads

Kaki Gunung Pancar Di Pagar Beton

Kaki Gunung Pancar di pagar beton dekat perumahan elit. 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Lingkungan Hidup dan Habitat di sekitar Gunung Pancar Sentul City Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor terancam keasrian dan kelestariaannya. Pasalnya, dewasa ini mesin pembangunan di kawasan Sentul City seolah tak terbendung. 

Kondisi ini membuat miris warga perkampungan kawasan tersebut. Ny.Laila (26) mengaku miris melihat perkembangan pesat kampung halaman tempat kelahirannya yang semula asri oleh pepohonan pinus dan perkebunan ladang garapan warga berubah menjadi hutan beton. 

"Sewaktu saya masih kecil tempat ini ladang dan hutan, tapi sekarang sudah banyak jalan beton dan rumah - rumah mewah. Bahkan, tak jauh dari kaki Gunung Pancar sekarang di pagar beton entah oleh siapa pelakunya, apakah ini diperbolehkan," keluhnya kepada Berita Bogor.

Saat dimintai tanggapan Dedi, Aktifis lingkungan hidup FK3I Jawa Barat mengatakan apabila tindakan pengembang yang telah melakukan pemagaran beton disekitar kaki gunung itu dikategorikan dugaan pelanggaran lingkungan hidup.   "Waduh, kalau itu masuk lahan hutan maka diduga telah terjadi pelanggaran berat terhadap UU Lingkungan Hidup," katanya singkat, Selasa (21/02/2017) 

Menurutnya, pembuatan benteng batas antara perumahan elit yang berbatasan dengan kaki Gunung PancarBabakan Madang Perlu dipertanyakan dan perlu diselidiki titik pendirian benteng tersebut. "Perlu dipertanyakan tata batas kawasan hutan Gunung Pancar dengan lahan pengembang. Pembangunan tidak boleh merusak lingkungan hidup dan kelestarian habitat didalamnya," katanya kepda Berita Bogor.

Pantauan dilokasi, lokasi perumahan River Side Sentul City memiliki area lahan yang berbatasan dengan kaki Gunung Pancar yang pembangunannya sedang dilaksanakan dan dipasarkan oleh pihak pengembang. Lokasi perbukitan ini memang memiliki view dan udara yang masih segar sehingga dapat menjadi daya tarik 'orang berduit' membeli rumah idaman type besar di kaki gunung. (als

River Side Residence Sentul City, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor 
 

Diberdayakan oleh Blogger.