Ads

Disparbudekraf Kota Bogor Produk Industri Kreatif

Kebudayaan yang berhasil dikapitalisasi menjadi produk-produk industri kreatif


BERITA BOGOR | beritabogor.com -   Kemajuan sebuah bangsa ditandai dengan kebudayaannya yang berhasil dikapitalisasi menjadi produk-produk industri kreatif. Hal itu hanya dimungkinkan jika nilai-nilai budaya telah mengakar kuat sebagai sendi kehidupan masyarakat. 

Usai membuka Pekan Estra (Enam Bersastra) di SMA Negeri 6, Kepala Disparbudekraf Kota Bogor mengatakan masyarakat telah menjadikan tradisi dan budaya sebagai landasan dalam setiap sendi kehidupan. "Untuk Itu maka tradisi dan budaya perlu ditekankan dalam pendidikan yang dimulai dari lingkungan sekolah sejak dini," katanya, Jumat (20/01/2017). 

Shahlan Rasyidi menambahkan, seni budaya memiliki fungsi lain yang sangat mendasar dan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. “Masyarakat yang kehilangan nilai budaya dan tidak mampu mengaktualisasikan seni budaya mereka, akan menjadi masyarakat yang kehilangan fondasi etik dalam tatanan kehidupannya," papar Shahlan.

Fungsi pendidikan kebudayaan, lanjutnya, adalah pembangunan karakter suatu masyarakat. Itulah mengapa peran fundamental pendidikan kebudayaan dalam keseluruhan program pembangunan dicanangkan oleh negara.  Menurutnya, peran budaya dalam membangun dan memajukan bangsa adalah membentuk karakter dan moral bangsa. “Krisis karakter, generasi muda yang tidak memiliki prinsip dan integritas adalah indikasi kegagalan pembangunan kebudayaan,"lanjutnya.  (dwitama)

Diberdayakan oleh Blogger.