Ads

Ratusan Ribu Rumah Warga Belum Miliki IPAL

DKP Kabupaten Bogor Giatkan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL)

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Pembuatan IPAL komunal pun terus digalakkan oleh DKP. Sejauh ini, telah ada 54 IPAL komunal di sejumlah kecamatan. Namun, itu masih jauh dari ideal, terutama pada wilayah-wilayah padat penduduk.

Kepala Seksi (Kasi) Sanitasi dan Air Limbah pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bogor, Muji Lestari mengungkapkan sebanyak 170 ribu rumah di Kabupaten Bogor belum memiliki sanitasi layak. Tidak layak karena mereka belum memiliki Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) memadai dan masih langsung menyalurkannya langsung ke sungai. 

"Masyarakat yang telah memiliki septic tank pun, jauh dari kata layak dan tidak memenuhi standar kebersihan. Septic tank yang tidak pernah penuh, justru patut dipertanyakan. Karena barangkali itu justru menyerap ke tanah dan mencemari air tanaha yang masih banyak dikonsumsi masyarakat,” katanya, Selasa (13/12/2016). 

Disebutkan, kualitas sanitasi kabupaten bogor: ada 54 ipal ada juga yg belum punya wc. Itu terus didorong supaya masyarakat sadar. Dana ada misi dari kepala desa menggandeng semua stakeholder. Mau menggandeng csr. Belum ada dari pabrik semen.  Pe.gennya di setiap.kawasan penduduk ada ipal yg baik karena bahaya  buat air konsumsi.

"Kepala desa juga bisa mengganggarkan pembuatan IPAL komunal itu dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Desa punya Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Karena, DKP sendiri tidak akan mungkin mengcover semua. Maka seluruh stakeholder harus ikut bergerak,” harapnya. (als)
Diberdayakan oleh Blogger.