Ads

Program Air Bersih Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kabupaten Bogor

Program Air Bersih Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Program Air Bersih Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor selalu membuat inovasi Positif. Sebab, air bersih merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi manusia. Hal ini diperkuat dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 3 yang berbunyi “Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”. 

Bahwa begitu sangat pentingnya air  sehingga perlu dikelola oleh Negara dengan sebaik dan seadil-adilnya, sehingga seluruh rakyat Indonesia harus selalu tersedia Air bersih. Hal inilah yang menjadikan landasan kami untuk selalu mengadakan inovasi bagi perbaikan pelayanan terhadap masyarakat terutama masyarakat se Kabupaten Bogor. 

Melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bogor, program-program Air bersih telah banyak dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bogor. Tapi kami juga sadar masih ada warga dikabupaten Bogor yang masih belum merasakan air bersih, hal inilah yang menjadi motivasi kami di DKP untuk membuat suatu ide gagasan baru supaya masyarakat kabupaten bogor seluruhnya mendapat air bersih. 

DKP Kabupaten Bogor sudah beberapa kali mengadakan sosialisasi keberbagai daerah di Kab Bogor tentang manfaat air bersih sampai dengan cara pengajuan bantuan air bersih. Dan DKP pun selalu memberikan pelatihan tentang pengeloaan air bersih bagi Badan Pengelola Sarana Air bersih (BPS-AB) sehingga badan tersebut dapat mengelola air secara professional dan Mandiri. 

DKP Kabupaten Bogor juga tidak lupa memberikan reward/apresiasi kepada BPS-AB yang berprestasi dalam pengelolaannya, hal ini di realisasikan dalam program Gebyar 1000 SR pada tahun 2013 dan Gebyar 2000 SR 2014 dimana desa yang berprestasi mendapat penghargaan dari Bupati Bogor. 

Pada tanggal 27-28 September 2016, DKP mengadakan  kegiatan PELATIHAN BADAN PENGELOLA SARANA AIR BERSIH (BPS-AB) Serta Sosialisasi PETERPAM (Penyedotan Tinja Terjadwal dan Pemeriksaan Air Minum), dimana dalam pelatihan ini diberikan materi tentang Kebijakan Pengelolaan air bersih sampai dengan cara Pemeliharaan Sarana Air Bersih. Dan Puncak Acara adalah Pemberian Penghargaan  BPS-AB Terbaik.  

Menurut Kabid Sanitasi Lingkungan (SL) Dr. Bambam Setia Aji, ST. MBA dalam pelatihan ini BPS-AB diharapkan dapat bekerja untuk masyarakat secara profesional dan mandiri sehingga sarana yang telah dibangun dapat berjalan dan terpelihara dengan baik. Pemeberian penghargaan ini diharapkan dapat memacu BPS-AB untuk lebih meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat, karena BPS-AB merupakan ujung tombak DKP guna mensukseskan program Air Bersih Perdesaan. 

Menurut Kadis Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor (DKP) masyarakat Kabupaten Bogor diharapkan agar selalu ikut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan terutama menjaga kualitas air tanah/ air sungai, agar tidak kekurangan air bersih pada saat musim kemarau. (als)

Diberdayakan oleh Blogger.