Ads

Peringatan Hari AIDS Tingkat Kabupaten Bogor

Peringatan Hari AIDS Sedunia, Dinkes Lakukan Berbagai Kegiatan

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Setiap tanggal 01 Desember merupakan peringatan hari AIDS sedunia. Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melaksanakan berbagai kegiatan dan juga melaksanakan apel dalam memperingati hari AIDS sedunia tingkat Kabupaten Bogor, yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Cibinong, Kamis (01/12/2016).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Camalia mengatakan, setiap tahun kita memperingati hari AIDS dengan berbagai kegiatan, tahun 2016 dipilih tema Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV. “Kegiatan kampanye hari AIDS sedunia tahun 2016 di Provinsi Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Bogor dilaksanakan gerakan dengan sub tema yang dipilih adalah Keluarga Sehat dan Produktif Tanpa HIV/AIDS Menuju Masyarakat Kabupaten Bogor Sejahtera  dengan Fokus Pada Pencegahan dan Penularan HIV dari Ibu ke Anak,” kata Camalia.

Dirinya menambahkan, pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS merupakan salah satu prioritas pembangunan kesehatan bersama beberapa penyakit menular lainnya seperti tuberculosis, malaria dan demam berdarah. “Prioritas diberikan kepada pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS, sebab sejak tahun 2005 sampai juni 2016 dilaporkan sebanyak 208.920 orang terinfeksi HIV, dimana Jawa Barat merupakan provinsi keempat tertinggi kasus HIV dengan jumlah 20.008 orang, setelah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur dan Papua, untuk Kabupaten Bogor telah dilaporkan sebanyak 1154 kasus sejak tahun 2003 hingga 2016,” jelasnya.

Camalia pun berharap peran serta masyarakat dalam pencegahan HIV/AIDS terus dilakukan. “Pencegahan HIV/AIDS perlu diperkuat dengan upaya pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat, mengatasi masalah kesehatan mandiri, berperan aktif dalam pembangunan kesehatan dan menjadi penggerak dalam mewujudkan pembangunan berwawasan kesehatan,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bidang P2PKL pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dr. Kusnadi mengatakan, langkah penaganan di awal kita buka pelayanan. Pada peringatan Hari AIDS Sedunia tahun ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan Seminar Sehari tentang Penanganan dan Penanggulangan HIV AIDS, Apel Peringat Hari AIDS Sedunia dan pembagian sticker serta kipas kepada para pengguna jalan.  (red)

Diberdayakan oleh Blogger.