Ads

Jawa Barat Incar Pasar Kerajinan Global

 Provinsi Jawa Barat Incar Pasar Kerajinan Global 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Kerajinan menjadi salah satu komoditi non migas yang berkontribusi pada perkembangan ekonomi nasional. Menurut catatan Kementerian Perdagangan, di tahun 2014 ada ekspor produk kerajinan ke pasar ASEAN sebesar 14.11% yang nilainya 27.8 juta US Dollar. Untuk pasar international, ada peningkatan 3.86% yang nilainya mencapai 674.34 US Dollar.

Disampaikan  Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan pada pembukaan Pemeran Pelangi Nusantara dengan tema Craft Vaganza di Graha Manggala Siliwangi, Rabu (14/12/2016).

Perwakilan Badan Pengurus Pusat Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) Pusat, Peter mengatakan Asephi merupakan wadah dari para perajin baik produsen maupun eksportir. Dengan mempunyai misi memberikan peluang pengusaha kerajinan seluruh Indonesia untuk meningkatkan pemasarannya melalui pamran baik di Indoensia meupun diluar negeri. “Tentunya Asephi pusat memberikan apresiasi pada pelaku usaha di Jawa Barat untuk mempromosikan produk unggulan kerajinan Jawa Barat di Pameran pelangi Nusantara ke 4,” ujar Peter.

Melalui pihak perbankan yang menjadi mitra UMKM khususnya Bank BRI, Netty berharap dapat memberikan sejumlah pelatihan peningkatan kapasitas pelaku usaha, membuat pelatihan tentang pengenalan produk perbankan yang dapat diakses oleh UMKM dan memberikan pelatihan tentang pengembangan bisnis. “Sehingga kita dapat berkontribusi menurunkan berbagai angka permasalahan sosial,” pungkasnya.

Ketua Asosiasi Eksportir Produsen dan Handicraft (Asephi) Jawa Barat, Hedy Yamasari mengatakan Pemeran Pelangi Nusantara 2016 diikuti oleh 112 stand yang terdiri dari 80% produsen handicraft, fashion dan kuliner mulai dari 14 – 17 Desember 2016. Produk yang dipromosikan merupakan hasil pengrajin yang berbasis budaya Indonesia, khusunya Jawa Barat. Diharapkan dapat menembus pasar global sehingga dapat mengembangkan produksi craft di ranah international.  (als)
Diberdayakan oleh Blogger.