Ads

Jabar Tuan Rumah Temu Bakohumas 2016

Acara Tahunan Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional 2016

BERITA BOGOR | beritabogor.com -  Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) menggelar acara tahunan Temu Bakohumas dan Komunitas tingkat nasional 2016. Acara tersebut digelar di Hotel Harris Bandung pada 17 - 19 November 2016.

Kegiatan temu Bakohumas tersebut merupakan ajang koordinasi antar humas seluruh Indonesia. Dengan tujuan para pejabat humas bisa saling bersinergi, bertukar pikiran dalam membangun reputasi Pemerintah melalui kerja nyata.

Temu Bakohumas 2016 ini diikuti sekitar kurang lebih 900 peserta, yang diantaranya merupakan para pejabat humas se- Indonesia. Para pejabat humas tersebut diantaranya dari pemerintah Pusat, Provinsi maupun dari Kabupaten kota, serta instansi lainnya, termasuk dari BUMN.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terkait Kehumasan mengatakan, bahwa Kehumasan memiliki peran yang sangat penting dalam mengkomunikasikan kepada masyarakat, mengenai berbagai peranan yang telah dilakukan Pemerintah dalam pembangunan, serta dalam menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

"Biasanya kekurangan kita adalah kurang gencar menghadirkan informasi pada masyarakat, apa yang dilakukan oleh Pemerintah. Tentu saya harus katakan bahwa sesungguhnya peran terbesar mengayomi masyarakat, atau peran unsur negara dalam mengayomi seluruh warga negara, untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik dan peningkatan kesejahteraan adalah unsur Pemerintah. Oleh karena itulah, harus betul - betul diinformasikan apa yang dilaksanakan oleh Pemerintah," Kata Gubernur Aher pada acara Temu Bakohumas 2016, di Haris Convention Hall Bandung, Kamis (17/11/2016).

"Tapi makin hari tentu Kehumasan Pemerintah makin bagus, profesional di-hire, kemudian secara bersama - sama merumuskan supaya tidak ada salah paham dengan masyarakat, informasi tentang apa yang telah dilakukan Pemerintah hadir unuk masyarakat kita," Tambahnya.

Aher mengatakan Humas harus menghadirkan wajah dari sebuah produk atau program yang dijalankan. Oleh karena itulah, Humas memiliki tugas untuk mempertahankan citra positif, tentu dari substansi yang memang positif.

Indikator sukses Humas menurut Aher ialah, masyarakat mengetaui program yang dijalankan Pemerintah dengan baik tanpa ada kesalah pahaman. Bila masyarakat tidak mengetahui kinerja apa yang telah dikerjakan Pemerintah padahal Pemerintah sudah berbuat banyak, maka disitulah peran Humas kurang efektif.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara mengatakan sesuai dengan tema "Membangun Reputasi Indonesia Melalui Kerja Nyata Humas dan Komunitas Informasi", maka bidang Kehumasan juga berfungsi membentuk reputasi sebuah instansi, terkhusus Pemerintahan.

Menkominfo menyebut, Humas pemerintah di semua instansi saat ini memiliki peran strategis, sebagai penghubung Pemerintah dengan publik. Maka, informasi yang disebarkan Humas perlu memiliki daya tarik dan mengikuti era kekinian. Instansi Kehumasan perlu menjadi humas yang bernas, inovatif dan mampu menjadi fasilitator masyarakat. (red)
Diberdayakan oleh Blogger.