Ads

Kades Diminta Dukung Giat Lingkungan Hidup

KADES DIMINTA DUKUNG GIAT LINGKUNGAN HIDUP 

BERITA BOGOR - beritabogor.com o Multi manfaat lubang resapan air Biopori bagi lingkungan dan kelangsungan hidup makhluk hidup. Puluhan warga Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor diberikan wawasan lingkungan oleh Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor.

“Puluhan warga dari 5 Desa diminta untuk membuat sekitar 250 lubang untuk resapan air di lingkungan permukiman warga,” pinta Ir. Endah Numayati selaku Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan pada BLH Kabupaten Bogor di Aula Kecamatan Sukaraja, Selasa (25/10) pagi.

Dirinya berpesan kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam pengendalian lingkungan hidup. “Manfaat pembuatan lubang resapan air Biopori, meliputi Pengelolaan sampah organik, Mengurangi sampah organik, Penghasil kompos, dan Resapan air untuk cadangan air tanah serta mendorong Urban Farming dengan adanya kompos yang dihasilkannya,” jelasnya.

Pembuatan lubang resapan air biopori tahun ini, paparnya, difokuskan di Kecamatan Kemang, Cibinong, Citeureup, Babakan Madang, Sukaraja dan Cisarua. “Program ini juga berguna untuk menjaga kualitas tanah dan tanah menjadi subur, mempercepat penyerapan air sehingga mengurangi resiko wabah penyakit dengan berkurangnya genangan air,” imbuh Ir. Endah Nurmayati.

Dilokasi kegiatan, Ketua LPM Desa Cijujung, Wrihatmoko menyambut baik atas dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi dan pembuatan lubang resapan air Biopori. “Saya berharap peserta yang hadir dapat pula memotivasi warga lainnya untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup, dimulai dari sekitar rumah. Kepala Desa harus memberikan dukungan kepada warganya dalam giat lingkungan hidup secara aktif,” ajaknya.

Untuk diketahui, Pengelolaan Sampah dimaksud diantaranya dengan cara pengurangan sampah dari sumbernya dan pemilahan sampah, serta membuat biopori yang dapat mengurangi volume sampah warga ke TPA, termasuk mengurangi emisi atau gas methan. (dwitama) 


Diberdayakan oleh Blogger.