Cuci Tangan Pakai Sabun

KOTA - Pola hidup bersih dan sehat diterapkan sejak usia dini.

Siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Bogor melakukan aksi demo cuci tangan massal di Plaza Balaikota Bogor, Kamis (17/10/2013). 

Demo yang dilakukan ratusan siswa SD untuk memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia tingkat Kota Bogor tahun 2013.

Dihadapan para pejabat SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemerintah Kota Bogor, sekitar 300 siswa SD ini memperagakan tata cara cuci tangan yang benar  Sebelumnya  perwakilan pelajar SD se Kota Bogor menandatangani deklarasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

Deklarasi PHBS juga ditandatangani Plt Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Kepala Dinas Kesehatan Rubaeah, Kepala Dinas Pendidikan Fetty Qondarsyah, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Achmad Sanukri.

Plt Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat yang hadir mewakili walikota Bogor menyambut baik kampanye PHBS dengan sasaran para pelajar di seluruh Kota Bogor. “Meskipun cuci tangan sangat sederhana  dan sepele, tetapi sangat penting pengaruhnya pada kondisi kesehatan kita semua, “ kata Ade.

Ade berharap kebiasaan cuci tangan pakai sabun bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari.  Karena, berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh WHO, bahwa kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun dapat mengurangi angka diare sam;pai 47 persen.

Tingginya kematian dan kesakitan pada anak-anak balita khususnya, erat kaitannya dengan kondisi air, kondisi sanitasi yang tidak baik serta prilaku berisih dan sehat serta rendahnya kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun," pesannya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Rubaeah berharap, melalui praktek cuci tangan yang benar ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari “ Ini adalah salah satu bentuk kampanye PHBS yang diharapkan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, “ kata Rubaeah.

Tentang dipilihnya  pelajar SD, Rubaeah mengatakan,  anak –anak sekolah merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dijaga dan ditingkatkan serta dilindungi kesehatannya agar kelak nanti menjadi anak yang cerdas dan unggul dalam berbagai bidang.  (obi)




Editor: MICHELLE
Email: redaksiberitabogor@gmail.com

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 20.48. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor