Desk Pemilu Sosialisasi Di Bogor Timur

KOTA - Desk Pemilu Kota Bogor Sosialisasikan Pilwalkot di wilayah Bogor Timur.

Menjelang Pemilihan walikota-wakil walikota Bogor, 14 September mendatang, Desk Pemilu Kota Bogor menggelar sosialisasi  dengan sasaran para Ketua RT, RW, dan tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Rabu (14/8/2013)

Sosialisasi yang digelar di Aula Kecamatan Bogor Timur menghadirkan Ketua KPU Kota Bogor Agus Teguh Suryaman, dan dari Panwaslu H. Fri Suhara serta dihadiri Sekretaris Camat Kota Bogor Timur Agus Suparman.

Ketua KPU Kota Bogor Agus Teguh Suryaman menjelaskan, jumlah pemilih terdaftar dalam pemilihan walikota- wakil walikota Bogor tahun 2013 berjumlah 682.995, yaitu laki-laki 343.268 orang dan perempuan 339.727 orang.

Agus memaparkan, perhitungan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara rekapitulasi suara di TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada tanggal 14 September 2013, rekapitulasi suara di PPS tanggal 15-16 September 2013, rekapitulasi suara di PPK tanggal 17-18 September 2013.

Selanjutnya, rekapitulasi suara di KPU tanggal 19-20 September 2013, dan rekapitulasi suara di hasil pemilu pada tanggal 20 September 2013. Pengajuan keberatan hasil ke MK pada tanggal 21-23 September 2013 dan proses perhitungan di MK 24 September 2013 Jelas Agus. 

Dijelaskan,  penetapan calon terpilih didasarkan pada pasangan calon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen jumlah suara sah ditetapkan sebagai pasangan calon terplih.

Namun, lanjut Agus, apabila tidak ada pasangan calon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen, dan ada pasangan calon yang memperoleh suara lebih dari 30 persen dari jumlah suara sah, pasangan calon yang memperoleh suaranya terbesar dinyatakan sebagai pasangan calon terpilih.

Selanjutnya kata Agus, apabila tidak ada yang memperoleh lebih dari 30 persen jumlah suara sah, dilakukan pemilihan putaran kedua yang diikuti oleh pemenang pertama dan pemenang kedua.  “Jika harus terjadi pemungutan suara putaran kedua, akan  dilaksanakan,  pada hari Sabtu tanggal 16 November 2013,”jelas Agus.

Sementara itu,  Kepala Bagian Pemerintahan Setdakot Bogor juga selaku Sekretris Desk pemilu Kota Bogor Tri Irijanto menyampaikan Tugas dan fungsi desk pemilihan walikota dan wakil walikota Bogor tahun 2013, yaitu dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pilwalkot 2013. 

Tri mengatakan, untuk memperlancar pelaksanaan Pilwalkot pemerintah daerah perlu mengambil langkah-langkah dan antisipasi mengenai keaadaan penyelenggaraan pemerintahan, politik, keamanan, dan memberikan fasilitasi pada tahap pelaksanaan pemilihan tersebut.

Fungsi desk pilwakot Bogor, jelas Tri,  pemantauan kelancaran pelaksanaan pilwakot Bogor, sosialisasi perihal pelaksanaan pilwakot Bogor serta upaya penyadaran kepada warga masyarakat untuk berperan serta secara aktif dan profesional atas hak-hak politik warga.

Selanjutnya, kata Tri, fasilitasi pemberian dukungan fasilitas kepada penyelenggara pilwakot Bogor, fasilitasi penyusunan langkah-langkah antisipasi, kebijakan yang responsif terhadap situasi sosial, politik, ketentraman, ketertiban dan keamanan yang berkembang di Kota Bogor menjelang, selama dan pasca pilwakot Bogor.

Selain itu, pelaksanaan advokasi mengenai penegakan hukum scra tuntas dan transparan pada rangkaian proses pilwakot Bogor, serta melaporkan pelaksanaan pilwakot Bogor tahun 2013 kepada Gubernur Provinsi Jawa Barat. (met)







Sumber: KPU Kota Bogor 
Editor: MICHELLE
Email: redaksiberitabogor@gmail.com
 












JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 19.36. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor