KPU Kota Bogor Buka Pendaftaran Cawalkot

KOTA - KPU Kota buka pendaftaran bagi para bakal Calon Walikota.

Menjelang pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota Bogor pada 14 September 2013 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor membuka pendaftaran calon walikota dan wakil walikota  Bogor mulai dari tanggal 7 hingga 13 Juni 2013 mendatang. 

“KPU Kota Bogor membuka pendaftaran calon walikota dan akil walikota Bogor, Jum'at ini. Pasangan yang diusung partai politik, gabungan partai politik maupun dua pasangan calon perseorangan yang sudah diverifikasi tahap pertama,“ kata Ketua KPU Kota Bogor Agus Teguh Suryaman, Kamis (6/6/2013).

Menurutnya, pendaftaran setiap hari dibuka mulai pukul 08.00 wib, hingga pukul 16.00 wib. Kecuali pada hari terakhir penutupan pendaftaran pada tanggal 13 Juni 2003 sampai pukul 24.00 wib.

Sementara, dua pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Bogor dari jalur perseorangan yaitu Syaiful Anwar-Muztahidin Al Ayubi dan Firman Halim-Gartono, dinyatakan belum memenuhi syarat pada verifikasi putaran pertama

Berkas dukungan pasangan Syaiful-Muztahidin yang dinyatakan telah memenuhi syarat hanya sebanyak 25.257 orang. Sementara Firman-Gartono sebanyak 35.295 yang dinyatakan memenuhi syarat.  Itu berarti kekurangan berkas dukungan untuk Syaiful-Muztahidin berjumlah 10.436, sementara pasangan Firman-Gartono hanya kurang 398 berkas saja. 



Berkas kekurangan itu, kata Agus, bisa mulai diserahkan pada 20 Juni hingga 4 Juli nanti. Namun dengan catatan bahwa mereka harus menyerahkan berkas kekurangannya dua kali lipat.

"Untuk pasangan Syaiful Anwar-Muztahidin boleh memasukan kekurangan berkas dukungannya sebanyak 20.872, sementara Firman-Gartono sebanyak 796. Jumlah itu dua kali lipat dari kekurangan berkas dukungannya," terang Ketua KPU Kota Bogor.

Menurut dia, hal itu dilakukan dengan mengacu pada Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2012 tentang Pencalonan Walikota-Wakil Walikota perseorangan. "Jadi untuk pasangan Saeful-Muztahidin karena kekurangannya 10.436, harus memasukan kekurangannya 20.872 dukungan. Untuk  Firman-Gartono karena kekurangan dukungannya 398, jadi boleh menyerahkan kekurangannya 796," paparnya.

Dijelaskan, kedua bakal pasangan calon perseorangan ini boleh menyerahkan dua kali lipat dari jumlah kekurangan, namun tidak boleh lebih dari dua kali lipatnya. Jika kurang dari jumlah itu diperbolehkan, tetapi kalau lebih tidak diperkenankan.

"KPU akan memverifikasi kembali setelah kekurangan diserahkan oleh masing-masing pasangan calon. Namun demikian keduanya sudah diperbolehkan untuk mendaftar sebagai bakal pasangan calon walikota-wakil walikota yang akan mulai dibuka KPU pada 7-13 Juni nanti, bersama dengan pasangan dari parpol," imbuhnya. (chris) 







Editor: MICHELLE
Email: redaksiberitabogor@gmail.com
 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 13.00. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor