UPK PNPM Mandiri

CARIU - UPK PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Cariu Bantu Masyarakat Kurang Mampu.

Demi mensukseskan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan, Unit pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Cariu melaksanakan kegiatan dana sosial yang di tujukkan kepada masyarakat yang kurang mampu.

Dana sosial juga diperuntukan kepada 50 anak yatim piatu yang ada di sekitar Kecamatan Cariu adapun kegiatan dana sosial tersebut bersumber dari jasa simpan pinjam perempuan selain itu kegiatan Dana Sosial juga sekaligus memperingati Isra Mi’raj. 

Kegiatan Dana Sosial tersebut di laksanakan di Sekretariat UPK Kecamatan Cariu, ( 15/5/2013).

Pada kegiatan dana sosial tersebut hadir pula Camat Cariu Didin Wahidin yang turut pula memberikan sambutan pada acara tersebut pada intinya Kecamatan Cariu akan terus membantu dan mendukung kegiatan Dana Sosial karena kegiatan ini turut membantu menuntaskan kemiskinan yang ada di Kecamatan Cariu 


“PNPM perdesaan merupakan gerakan Nasional dalam wujud pembangunan berbasis masyarakat untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan secara terpadu , terarah, dan berkelanjutan.” Ujarnya

Sementara, Ketua UPK Kecamatan Cariu, Abdul Syukur, mengatakan bahwa kegiatan dana sosial kali ini merupakan kegiatan yang ke tiga yang di laksanakan oleh  PNPM-Mandiri Perdesaan Kecamatan Cariu Setelah tahun ini dengan dana Rp. 15.000.000,- dari total surplus sebesar Rp. 100.279.285,- diantarnya untuk melaksanakan kegiatan dana sosial  dan UPK Kecamatan Cariu tergolong sehat dalam pengelolaan dana Simpan Pinjam khusus Perempuan (SPP), Penyaluran SPP sampai dengan saat ini mencapai Rp.3.157.500.000 selama Tiga Tahun Anggaran yang tersebar di sepuluh desa di kecamatan Cariu,” ungkapnya.

Abdul Syukur juga menambahkan bahwa UPK Kec. Cariu mendapatkan bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan mulai tahun 2010, dana tersebut bersumber dari APBN dan APBD yang sampai dengan tahun 2012 mencapai Rp.3.765.000.000,- dari APBN sebesar Rp.2.665.000.000,- dan Rp.1.100.000.000,- yang bersumber dari APBD, kemudian dialokasikan untuk kegiatan Sarana Prasarana sebesar Rp.3.002.904.500,-  SPP sebesar Rp.762.095.500,- adapun dana sosial itu berikan kepada masyarakat yang kurang mampu melalui cara musyawarah. 

“Dana Sosial tersebut sudah di berikan secara tepat sasaran karena UPK Kecamatan Cariu sebagai pengelola sudah berkerjasama dengan pihak-pihak dari 10 desa yang berada diwilayah Kecamatan Cariu,” tambahnya.

Abdul Syukur mengharapkan dengan adanya PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamaran Cariu selain bisa mengurangi pengangguran, mengurangi kemiskinan juga mampu meningkatkan pola pikir masyarakat diwilayah Kecamatan Cariu.


“Pada Kegiatan Dana Sosial ini masyarakat diajak terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara parsitipatif, mulai dari pengambilan keputusan dalam penggunaan dana dan pengelolaan dana sesuai kebutuhan paling prioritas di desanya, sampai pelaksanaa kegiatan dan pelestariannya” Harapnya. (iz)






Editor: Alsabili
Email: redaksiberitabogor@gmail.com




JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 18.50. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor