Sanksi KTR Berupa Teguran Denda Ringan

KOTA - Pelanggar Perda Nomor 12 Tahun 2009 hanya ditegur. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menggelar sidang Tipiring yang ketiga ini digelar di halaman Kantor Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor, Selasa (21/5/2013)
 

Meskipun tim pengawas Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Kota Bogor memergoki belasan institusi pemerintah dan swasta yang belum konsisten melaksanakan Perda KTR. 

Namun, sanksi yang diberikan masih sebatas surat teguran semata dengan denda yang relatif ringan.

“Selama tiga kali sidang tipiring, tercatat ada 13 institusi Pemerintah dan swasta kena tegur, “ kata Kepala Seksi Promosi Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Bogor Nia Nurkania.

Menurut pengakuannya, surat teguran itu sudah disampaikan kepada pimpinan institusi Pemerintah dan swasta itu ditandatangani PPNS (Penyedik Pegawai Negeri Sipil) diketahui hakim Pengadilan Negeri Bogor. Diantara belasan yang melanggar meliputi institusi dilingkungan Balaikota Bogor, Stasiun Bogor, Lembaga pendidikan, Puskesmas Bogor Timur, sejumlah restoran, dan sejumlah hotel.  

“Teguran itu dilayangkan dalam tiga kali sidang tipiring yaitu tipiring di Halaman Gedung DPRD, Sekolah Andigha dan sidang tipiring di halaman Kantor Kecamatan Bogor Timur, “ kata Nia menambahkan.

Nia menolak bila pihaknya dikatakan tidak tegas, sebab kali ini pimpinan lembaga yang ditegur diminta datang ke lokasi Sidang Tipiring untuk diberikan surat teguran dan tim pengawas KTR sepakat akan melakukan tindakan tegas terhadap para pelanggar KTR di Kota Bogor.

“Kita juga telah sepakat melakukan tindakan tegas terhadap pimpinan lembaga yang melanggar KTR dengan ancaman denda paling sedikit Rp1 juta,“ tegasnya.

Tak hanya itu, saat menggelar razia KTR pada hari sebelumnya di wilayah Bogor Timur dilakukan sidang  ditempat tanpa pembelaan yang dipimpin Hakim Rosana SH, dengan Jaksa penuntut umum Daryanto SH memvonis denda rata– rata Rp20 ribu kepada pelanggarnya.

Sejumlah 23 orang terbukti melanggar KTR, diantaranya pegemudi dan penumpang angkutan umum, restoran,  hotel, restoran, instansi pemerintah dan swasta di wilayah Bogor Timur diajukan dalam sidang tipiring. (chris)





Editor: MICHELLE
Email: redaksiberitabogor@gmail.com


JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 23.40. dan Dikategorikan pada , , , , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor