Sistem Aplikasi BPHTB Online


PELAKSANAAN SOSIALISASI PBB P2
DAN PENDISTRIBUSIAN SPPT
SERTA
PELAKSANAAN SISTEM APLIKASI BPHTB ONLINE


Pelaksanaan sosialisasi PBB P2 dan Pendistribusian SPPT serta Pelaksanaan Sistem Aplikasi BPHTB Online merupakan perwujudan sebagian tugas pokok dan fungsi Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kabupaten Bogor.

Sejak  dilaksanakannya pelimpahan kewenangan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) kepada Pemerintah Kabupaten Bogor, terhitung mulai tanggal 1 Januari 2012 Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pendapatan Daerah telah melaksanakan pengelolaan PBB P2.

Diantaranya, telah melaksanakan penerbitan dan pendistribusian Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB P2 dalam rangka pemungutan PBB P2.

Dinas Pendapatan Daerah selaku pengelola pajak daerah Kabupaten Bogor, telah mengagendakan penerbitan dan pendistribusian SPPT PBB P2 pada Tri Wulan I tahun berjalan.SPPT PBB P2 yang diterbitkan diklasifikasikan ke dalam 5 (lima) Buku yang mewakili jumlah ketetapan tertentu. 










Pada Tahun 2012 Dinas Pendapatan Daerah telah menerbitkan dan mendistribusikan sebanyak1.668.804 (satu juta enam ratus enam puluh delapan ribu delapan ratus empat) SPPT PBB P2 dengan target sebesar Rp. 126.382.798.000,- dan dapat terealisasi pada 31 Desember 2012 mencapai sebesar Rp. 134.113.691.733,- (Seratus Tiga Puluh Empat Milyar Seratus Tiga Belas Juta Enam Ratus Sembilan Puluh Satu Ribu Tujuh Ratus Tiga Puluh Tiga Rupiah) atau sebesar 109,12 persen.

Adapun pada tahun 2013, Dinas Pendapatan Daerah menerbitkan dan mendistribusikan sebanyak1.690.203 (satu juta enam ratus sembilan puluh ribu dua ratus tiga) SPPT PBB P2 dengan target pendapatan sebesarRp. 150.081.000.000,- (Seratus Lima Puluh Milyar Delapan Puluh Satu Juta Rupiah). Untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut :

Data Pendistribusian SPPT P2 Tahun 2012 dan 2013









Pada tabel di atas terlihat bahwa baik pada tahun 2012 maupun pada tahun 2013 ini, jumlah SPPT untuk buku 5 paling sedikit namun kontribusinya terhadap penerimaan PBB P2 paling besar. Ada peningkatan jumlah SPPT yang diterbitkan  mulai dari buku 2 sampai dengan buku 5, dan peningkatan yang cukup signifikan terdapat pada buku 5 yang mencapai lebih dari 70 % (tujuh puluh persen) pada tahun 2012 dibandingkan tahun 2013.

Pendistribusian SPPT PBB P2 buku 1 dan buku 2 akan dilaksanakan melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) bekerjasama dengan Kecamatan melalui Seksi Pemerintahan. Sedangkan untuk pendistribusian buku 3, buku 4, dan buku 5 akan dilaksanakan melalui Tim Optimalisasi Penggalian Potensi Pendapatan Daerah.

Masyarakat sebagai wajib pajak yang sudah menerimaSPPT PBB P2 diberi kesempatan untuk membayar pajak melalui bank yang ditunjuk dalam hal ini bank BRI atau bank BJB, baik melalui teller maupun ATM selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2013.

Dalam hal ini Wajib Pajak menemui permasalahan atas SPPT PBB P2 yang diterimanya, yang bersangkutan dapat meminta penjelasan langsung ke petugas pelayanan PBB P2 di kantor Dinas Pendapatan Daerah atau melalui UPT setempat pada setiap jam kerja.

Dalam rangka pendistribusian SPPT PBB P2 dan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap kewajiban membayar Pajak khususnya PBB P2 ini, Dinas Pendapatan Daerah akan melaksanakan sosialisasi tentang PBB P2 serta Bagi Hasil Desa dari Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah kepada Desa dan Kelurahan di 40 (empat puluh) Kecamatan yang akan dibagi dalam 16 (enam belas) lokasi dan akan dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulai Mei sesuai jadwal sebagai berikut:

 
NO.
KECAMATAN
PELAKSANAAN
TEMPAT PELAKSANAAN
1.
Bojonggede
02 April 2013
Kantor Desa Kedung Waringin

Tajurhalang
Kecamatan Bojonggede



2.
Rancabungur
Pusat Tehnologi LAPAN

Kemang


Ciampea





3.
Tenjolaya
11-Apr-13
Kantor Kecamatan  Tenjolaya

Cibungbulang


Pamijahan





4.
Cigombong
18 Apr-13
Kantor kecamatan Cigombong

Caringin




5.
Megamendung
Kantor Kecamatan Megamendung

Ciawi


Cisarua





6.
Babakan Madang
23-Apr-13
Kantor Kecamatan Babakan Madang

Sukaraja




7.
Gunung Putri
Kantor Kecamatan Gunungputri

Cileungsi





8.
Jonggol
25-Apr-13
Kantor Kecamatan Jonggol

Klapa Nunggal




9.
Sukamakmur
Kantor Kecamatan Tanjungsari

Cariu


Tanjungsari




10.
Ciseeng
07 Mei 2013
Kantor Kecamatan Ciseeng

Parung


Gunung Sindur




11.
Sukajaya
Kantor Kecamatan Cigudeg

Cigudeg


Jasinga





12.
Rumpin
14-Mei-13
Kantor Kecamatan Tenjo

Tenjo


Parung Panjang




13.
Nanggung
Kantor Kecamatan Nanggung

Leuwiliang


Leuwisadeng





14.
Tamansari
16-Mei-13

Kantor Kecamatan Tamansari

Cijeruk




15.
Dramaga
Kantor kecamatan Ciomas

Ciomas





16.
Citeureup
23-Mei-13
Kantor Kecamatan Cibinong

Cibinong






Pada pelaksanaan kegiatan sosialisasi PBB P2 sebagaimana dimaksud di atas, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya warga yang berada di daerah terpencil dan relatif jauh dari tempat pembayaran, Dispenda juga akan melaksanakan pelayanan “0ne day service” kepada warga masyarakat melalui pelayanan mobil keliling.

Masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak daerah atau berkonsultasimengenai berbagai permasalahan menyangkut pajak daerah di lokasi tempat diselenggarakannya sosialisasi. Pelayanan mobil keliling ini akan diselenggarakan secara bersama-sama antara Dispenda dengan BRI, BJB dan Dispenda Propinsi Jawa Barat (Samsat).

Di samping pelaksanaan sosialisasi PBB P2 dan pendistribusian SPPT, pada tahun 2013 ini Dispenda akan melaksanakan pelayanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) secara online melalui Sistem aplikasi BPHTB online.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan kepada Wajib Pajak. Mengingat BPHTB memiliki kontribusi paling besar terhadap penerimaan Pajak Daerah tahun 2013 yaitu senilaiRp. 240.041.800.000,- (Dua Ratus Empat Puluh Milyar Empat Puluh Satu Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah) atau sekitar 40 persen target penerimaan pajak daerah tahun 2013 senilaiRp. 747.937.517.000,- (Tujuh Ratus Empat Puluh Tujuh Milyar Sembilan Ratus Tiga Puluh Tujuh Juta Lima Ratus Tujuh Belas Ribu Rupiah) berasal dari BPHTB.

Maka sudah seharusnya Dispenda mengupayakan peningkatan pelayanan untuk mempermudah para Wajib Pajakdan pihak-pihak terkait dalam pemungutan BPHTB seperti PPAT, Perbankan maupun Kantor Pertanahan dalam menunaikan kewajibannya.

Melalui sistem aplikasi BPHTB online PPAT dapat melakukan perekaman data setiap transaksi, mengisi dan mencetak sendiri blanko SSPD BPHTB dan tersambung secara langsung melalui tehnologi internet dengan sistem BPHTB yang ada di Dispenda, Bank dan Kantor Pertanahan. Sehingga memudahkan pelayanan, mempercepat pelaporan, meminimalisir kesalahan, memudahkan pengendalian BPHTB serta dapat mempercepat proses validasi SSPD BPHTB.


(sumber: Dispenda Kabupaten Bogor) 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 21.30. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor