Pemuka Agama Dikumpulkan


KOTA - Pemerintah Kota Bogor kumpulkan tokoh Agama untuk meningkatkan rasa toleransi didalam kehidupan masyarakat. 

Pemerintah Kota Bogor melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bogor menggelar pertemuan kerukunan umat beragama. 

Kegiatan ini diikuti sekitar 65 peserta, termasuk didalamnya pelajar sekolah menengah atas.

Pertemuan yang mengusung tema kerukunan umat beragama sebagai modal utama terciptanya kehidupan masyarakat yang bertaqwa, aman, damai dan sejahtera.

Pertemuan dihadiri perwakilan dari tiap-tiap agama yang diwakili oleh tokoh agama, dan tokoh masyarakat  dari enam wilayah kecamatan, dibuka Wakil Walikota Bogor Achmad Ru’yat, di Graha Pool Jalan Merdeka No : 110 Kota Bogor, Kamis (7/3/2012). 

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bogor Aep Saepudin selaku Ketua penyelenggara mengatakan bahwa penyelenggara mengatakan, kegiatan ini secara rutin dilakukan oleh Pemerintah Kota Bogor. 

Acuannya adalah Undang – Undang No 12 tahun 2008 tentang perubahan dan undang-undang no 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah, peraturan pemerintah No 6 tahun 1988  tentang kordinasi kegiatan instansi dearah, peraturan bersama Menteri Agama Menteri Dalam Negeri No 9 tahun 2006 dan No 8 tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan tugas kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan umat beragama dan pendirian rumah ibadah.  

Hal ini sebagai upaya untuk mengantisipasi atau mengeliminir serta mendeteksi permasalahan antar umat beragama yang dapat menimbulkan konflik sosial yang luas antara pemeluk dan umat beragama khususnya di Kota Bogor.

“Jadi, tujuannya untuk meningkatkan rasa toleransi didalam kehidupan masyarakat khususnya kebebasan memeluk dan beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaanya masing-masing sehingga terciptanya suasana yang kondusif di Kota Bogor, “ kata Aep.

Wakil Walikota Achmad Ru’yat dalam sambutannya mengatakan, pemerintah kota bogor memiliki kepentingan, selain melakukan peran pelayanan publik, aparatur pemerintah daerah bergerak didalam public sector, melakukan service atau pelayanan terhadap masyarakat, selain melakukan proses pembangunan, baik pembangunan fisik maupun non fisik keagamaan, dan yang terpenting adalah memiliki peran untuk menciptakan perlindungan rasa aman, kasih sayang, perlindungan terhadap kota bogor.

“Indonesia merupakan suatu negara yang majemuk dengan beragam agama yang dianutnya, ada agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu,” Ini merupakan aset kehidupan berbangsa dan bernegara untuk hormat menghormati, dan toleransi, “ kata Ru’yat. 

Selain itu, kata Ru’yat,  kita hidup dalam suasana yang penuh dalam perubahan, “Jadi yang abadi dalam kehidupan ini adalah perubahan itu sendiri. Oleh karena itu kita harus mampu menjalani setiap realitas sosial yang sangat dinamis dengan perubahan ini dengan sebaik-baiknya” ucap Ru’yat. (chris)






Editor: Michelle
Email: beritabogor2002@gmail.com


JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 19.05. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor