Sosialisasi Penanggulangan Bencana

CIBINONG - Melalui kerjasama dengan BPBD guna membangun jaringan, sehingga ketika ada sesuatu yang membutuhkan pendampingan psikososial.

Rapat Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana Kabupaten Bogor dibuka oleh sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor M. Makmur RM. di Gedung Serbaguna I, Gedung Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor Cibinong, Selasa, (15/1/2013).

Disampaikan pula bahwa Sosialisasi rencana penanggulangan bencana merupakan koordinasi pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencana dengan harapan dapat merubah paradigma responsif menjadi preventif. 


”Kita harus mempunyai perencanaan yang baik, karena segala sesuatu pelaksanaan kegiatan tanpa didukung oleh sebuah dokumen perencanaan yang baik pula tentu dalam pelaksanaannya akan terjadi yang tidak diinginkan”, paparnya.

Makmur menambahkan bahwa kondisi umum Kabupaten Bogor merupakan daerah rawan bencana, hal ini karenasebagian besar kawasan Bogor memiliki topografi perbukitan dan struktur tanah yang rentan akan pergerakan kulit bumi, mengakibatkan wilayah longsor dan angin puting beliung. 


Diharapkan dalam pelaksanaannya, perencanaan penanggulangan bencana kedepannya agar tertata dan terkoodinir dengan baik jika semua pihak turut berpartisipasi dan keterlibatan dalam Prosesnya. 

“Proses penanggulangan bencana ini tidak sporadis bahkan kita berharap kegiatan penanggulangan bencana ke depan lebih tertata dengan baik dan semua pihak turut berpartisipasi di Kabupaten Bogor”.

Makmur menyampaikan pula agar masyarakat dapat berperan aktif dalam setiap tahap penanganan bencana baik sebelum, saat, dan setelah kejadian bencana misalnya dengan pencegahan serta kesiapsiagaan, menginformasikan segala peristiwa saat bencana terjadi serta turut berupaya dalam pemulihan dan rekontruksi. 


Ditempat yang sama Martina, manajer pusat krisis dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menambahkan, adanya kerjasama dengan BPBD, korban bencana alam dapat dibantu dari segi psikososial. 

“Dengan kerjasama dengan BPBD inilah kami membangun jaringan, sehingga ketika ada sesuatu yang membutuhkan pendampingan psikososial, BPBD juga bisa melibatkan kami dalam penanganannya”, pangkasnya.

Rapat penyusunan rencana penanggulangan bencana Kabupaten Bogor juga turut dihadiri oleh perwakilan dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA),perwakilan International Organization for Migration (IOM), serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor. (ice)







Editorial: Michelle
Email: beritabogor2002@ gmail.com






JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 19.16. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor