Perwujudan Kota Halal Dipercepat Tahun 2013

KOTA BOGOR - Pemerintah Kota Bogor melalui kepemimpinan Wali Kota Diani Budiarto akan optimalkan perwujudan Kota Hujan tersebut sebagai Kota Halal sejak tahun 2011.
Sosialisasi serta program kerja untuk mewujudkan Bogor Kota Halal digelar ke seluruh lapisan masyarakat. Mulai di tingkat rukun tetangga, kelurahan, kecamatan dan kawasaan industri khususnya industri kecil.

"Makna halal sebagaimana yang diatur dalam hukum Islam tidak sesederhana yang dipahami orang sebatas daging babi, atau minuman alkohol. Halal disini harus dipahami dalam arti luas dan banyak aspek yang harus dijamin," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Eddy S Warsa, Rabu (2/2/2012).

Dirinya menyebutkan, konsep Kota Halal ini ditujukan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat khususnya warga Muslim dalam memperoleh produk makanan atau produk lainnya yang terjamin kehalallannya.

Dijelaskannya, Pemerintah Kota Bogor bekerjasama dengan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama

Indonesia (LPPOM-MUI) untuk merancang dan merumuskan konteks Bogor menuju Kota Halal. "Dengan dicanangkannya Bogor Kota, artinya semua produk yang beredar di Kota Bogor dijamin kehalalannya," ujarnya.

Produk yang dijamin kehalalannya lanjut Eddy mulai dari makanan, minuman, obat, dan kosmetik yang dijual di pasaran harus mencantumkan label halal.

Ada dua hal yang ingin dicapai dalam program Kota Halal yakni kepastian dari produk-produk yang dijual termasuk penjualannya harus transparan apakah barang yang dijualnya halal atau tidak. Capaian kedua yakni memberikan kepastian dan keyakinan kepada masyarakat muslim bahwa regulasi soal halal dibuat sesuai dengan norma-norma dan kaidah syariat Islam, sehingga kaum muslimin tidak ada keraguan.

Sejauh ini, lanjut Eddy, konsep Bogor menuju Kota Halal terus dikembangkan. Pemerintah Kota Bogor juga saat ini sudah menyusun Rancangan peraturan daerah Kota Halal yang akan segera diterbitkan. Keberadaan konsep Bogor Kota Halal dinilai belum jelas dan dipertanyakan sejumlah pihak dari berbagai kalangan.
(*eka)









Editor: Michelle
Email: beritabogor2002@ gmail.com








JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 15.24. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor