Tim Monitoring Jabar Kunjungi Kota Bogor


KOTA BOGOR - Tim monitoring dan evaluasi  Provinsi Jawa Barat mengunjungi beberapa kelurahan di Kota Bogor guna melakukan penilaian terhadap Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)-PKK.

Diantaranya, kedatangan tim Jabar yang dipimpin Siti Sumandari diterima Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Setdakot Bogor Edgar Suratman didampingi Lurah Babakan Juanda Rachmaji, dan Camat Kota Bogor Tengah R. J. Estiningsih, di kantor Kelurahan Babakan Kecamatan Kota Bogor Tengah Kota Bogor, Rabu (26/12/2012).

Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Edgar Suratman, mengatakan, bahwa dengan kedatangan Tim Monitoring dan Evaluasi Tingkat Provinsi Jawa Barat, diharapkan akan bisa memotivasi untuk terus berupaya memsukseskan pelaksanaa program UP2K PKK diwilayah Kota Bogor sehingga program ini bisa memberikan dukungan besar terhadap upaya meningkatkan derajat kesejahteraan hidup masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

“Program UP2K-PKK adalah salah satu dari 10 program pokok PKK, bertujuan meningkatkan pendapatan keluarga melalui usaha kelompok atau perorangan, dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam dan lingkungan sekitar, “ ungkapnya.

Edgar menjelaskan, di Kota Bogor program UP2K-PKK dilaksanakan disemua Kelurahan yang berjumlah 68 Kelurahan. Sedangkan pembinaannya pokja II Tim Penggerak PKK Kota Bogor.  Sumber dananya dari APBD Kota Bogor, swadaya masyarakat, dan bantuan lain yang bersifat tidak mengikat. Sedangkan jenis usahanya antara lain membuat dan menjual makanan jajanan, kerajinan tangan serta berdagang sembako.

“Setiap keluarga peserta diberikan pinjaman permodalan berkisar antara Rp 300 ribu sampai Rp 2 juta, dan kepada mereka dikenakan iuran pengelola sebesar 1 persen perbulan dari jumlah pinjaman yang diterima, “ urainya.

Diharapkan, nelalui UP2K PKK  masyarakat yang tergolong sebagai keluarga-keluarga berpenghasilan rendah bisa meningkatan pendapatan keluarganya sehingga bisa mengubah kehidupannya.

Pada kesempatan tersebut Ketua Poksus (Kelompok Khusus) UP2K-PKK Kelurahan Babakan Hj Titin Sutinah menyampaikan ekpose dihadapan tim Jabar.

Sementara itu Ketua Tim Siti Sumandari menyerahkan bantuan dana sebesar Rp2 Juta kepada Ketua TP PKK Kelurahan Babakan Ine Juandi. Bantuan tersebut  untuk menunjang kegiatan kelompok UP2K.  Bantuan tersebut untuk tambahan modal usaha Rp1,5 juta  dan untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola UP2K Rp500 ribu.


Kunjungi kelurahan Cibadak

Sebelumnya, Tim monitoring menilai 10 program pokok PKK, Kelurahan Cibadak Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, Rabu (26/12/2012), sekaligus juga dilakukan penilaian 5 lomba dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Tim yang berjumlah 6 orang diketuai oleh Hj. Tety Mahyar Jamhur. Kedatangan tim diterima Wakil Walikota Bogor Ahmad Ru’yat didampingi Ketua TP. PKK Kota Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto, Camat Tanah Sareal Irwan Gumelar, Lurah Cibadak Khaidir, Ketua TP PKK Kecamatan, Kelurahan dan para pengurus TP PKK Kota Bogor serta para kader PKK.

Wakil Walikota Bogor Achmad Ru’yat mengatakan, bahwa di Kelurahan Cibadak banyak berlangsung kegiatan PKK yang melibatkan masyarakat, dan sangat berpengaruh terhadap usaha-usaha untuk mendukung peningkatan derajat kualitas kehidupan mereka sendiri.  


“Ini semua tidak terlepas dari dukungan TP PKK Kota Bogor yang aktif untuk terus mendorong agar kegiatan PKK di tingkat masyarakat berjalan sesuai harapan bersama, “ paparnya.

Diungkapkan, TP PKK telah banyak berperan dalam upaya membantu masyarakat dan Pemerintah Kota Bogor, terutama dalam upaya meningkatkan kesehatan seperti imunisasi ibu hamil, kesehatan ibu dan anak, sanitasi lingkungan dan penanganan gizi buruk, dan keberhasilan pelaksanaan gerakan KB di Kota Bogor.

Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi 10 Program Pokok PKK dan penilaian 5 lomba dalam rangka HKG PKK dan BBGRM Provinsi Jabar Hj. Tety Mahyar Jamhur dari Pokja IV PKK mengatakan, PKK telah berkomitmen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga seperti tercermin dalam pengertian gerakan PKK yaitu sebagai gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah.

Tety mengatakan, dalam dua tahun terakhir peringatan Hari Kesatauan Gerak PKK dipadukan dengan penyelenggaraan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) sebagai bagian dari rangkaian kegiatan HKG PKK dan BBGRM.

Dijelaskan, TP PKK menggelar 5 macam lomba yaitu tertib administrasi PKK, Pencegahan Kekerasan dalam rumah tangga, Kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K PKK), Pemanfaatan halaman pekaranagan hatinya PKK dan Pemanfaatan hasil TOGA.

“Kami datang ke Kelurahan Cibadak untuk menyeleksi Kelurahan mana yang berhak mewakili Jawa Barat untuk mengikuti 5 lomba di Tingkat Nasional, “ urainya.

Pada kesempatan tersebut TP PKK Provinsi Jawa Barat memberikan bantuan dana sebesar Rp2 juta untuk TP PKK Kelurahan Cibadak. “Bantuan yang kami berikan sebagai bentuk perhatian dan motivasi dalam menggerakan masyarakat, “ kata Tety Mahyar Jamhur.

Dalam peninjauannya di Kelurahan Cibadak Tim Monitoring meninjau lokasi Sanitasi berbasis masyarakat serta menyaksikan pameran produk usaha peningkatan pemberdayaan keluarga di RT. 01, RW 04 dan RW 13. (eka)









Editor: Michelle
Email: beritabogor2002@ gmail.com






JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 15.07. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor