Sosialisasi Pembinaan Politik Dalam Negeri

CIBINONG - Kesamaan pandangan yang sama terhadap aturan yang menyangkut pembinaan politik dalam negeri perlu dipahami yang nantinya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat demi pembangunan daerah.

Untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dengan organisasi kemasyarakatan dalam pembinaan politik dalam negeri demi meningkatkan kesejahteraan rakyat, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bogor mengadakan sosialisasi peraturan perundang – undangan dalam rangka pembinaan politik dalam negeri tingkat Kabupaten Bogor tahun 2012, Kamis (20/12).

Acara sosialisasi ini dilaksanakan selama satu hari di ruang serbaguna 2, gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor, dan diikuti sekitar 200 orang yang merupakan anggota organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Bogor, serta para aparatur Kecamatan.


Saat membuka sosialisasi ini, Asisten Pemerintahan Kabupaten Bogor Ronny Sukmana mengatakan, melalui sosialisasi ini dapat mendorong proses penyerapan informasi yang tepat mengenai produk – produk perundang – undangan yang berkaitan dengan pelayanan publik, asas demokrasi dan politik sehingga setiap elemen masyarakat dapat berperan secara aktif.

“Sosialisasi ini sengaja mengundang staf Kecamatan agar kita memiliki kesamaan pandangan yang sama terhadap aturan yang menyangkut pembinaan politik dalam negeri, kami ingin pemahaman ini nantinya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat demi pembangunan daerah,” katanya.

Ia menambahkan, penyelenggaraan kegiatan ini dimaksudkan sebagai bagian integral dari upaya pencerdasan dan penyadaran masyarakat mengenai peraturan perundang – undangan yang diharapkan yang berimplikasi pada peningkatan ketertiban dan kedisplinan masyarakat dalam menaati prosedur hukum yang berlaku dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat.


“Hendaknya para peserta sosialisasi ini dapat mengaplikasikan pemahaman ini kepada masyarakat mengenai pembinaan politik dalam negeri,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Bogor Wawan Setiawan. Ia mengungkapkan, melalui sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi para peserta untuk mandiri dan berperan sebagai mitra Pemkab Bogor dalam pembangunan di Kabupaten Bogor. “Ini merupakan upaya untuk meningkatkan partisipasi organisasi kemasyarakatan dalam pembangunan di wilayah Kabupaten Bogor,” ungkap Wawan.

Wawan menjelaskan para peserta ini akan mendapatkan pembekalan mengenai peraturan perundang – undangan dalam rangka pembinaan politik dalam negeri oleh para narasumber dari Direktorat Jenderal Kesbangpol Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Badan Kesbang dan Linmas Propinsi Jawa Barat, serta Asisten Administrasi Setda Kabupaten Bogor. (ice)









Editor: Alsabili
Email: beritabogor2002@ gmail.com










JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 14.31. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor