Program Minapolitan Kabupaten Bogor


BOGOR - Isu permasalahan budidaya perikanan yang menjadi fokus kinerja Dinas Peternakan Dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bogor secara kontinue telah ditangani melalui Program Minapolitan, terhitung sejak dicanangkannya pada Tahun 2010 silam.

Permasalahan yang dihadapi meliputi; Kualitas induk yang tidak stabil, Harga pakan yang relatif mahal, Kurangnya pengetahuan sumberdaya manusia kususnya terkait penganan terhadap penyakit, Kualitas dan kuantitas benih yang tidak stabil, Harga jual  (pasar), sangat   fluktuatif.


Guna menjawab tantangan tersebut, Disnakkan Kabupaten Bogor telah menerapkan Strategi dan Program Pengembangan Budidaya Ikan. Strategi yang dilakukan menyangkut Peningkatan daya saing produk budidaya  melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi serta peningkatan kualitas produk budidaya.

Sementara Program yang dilakukan diantaranya, Penyediaan Induk Unggul – Bank Induk, Perbaikan dan Standardisasi  Teknologi Budidaya (GAP)untuk Peningkatan kualitas produk (bebas anti biotik, bebas bau  lumpur, tdak menggunakan pakan limbah)- aplikasi Probiotik, Produksi pakan suplemen dari bahan baku lokal untuk pengganti pakan limbah, Pusat  Informasi dan Pengembangan Tekonologi Budidaya dan pemasaran (R&D), Pendirian laboratorium lapang (kualitas air dan penyakit) dan Peningkatan Kualitas SDM- Pusat Pelatihan.

Hal ini merupakan komitmen Kelembagaan Pengembangan Minapolitan Budidaya Kabupaten Bogor yang mengedepankan Visi: Terwujudnya Kawasan Minapolitan Sebagai Pusat Pengembangan Kegiatan Perikanan Budidaya dan Pengolahan Produk Perikanan Yang Berdaya Saing Tinggi, Efisien dan Berkualitas Untuk Kesejahteraan Masyarakat.

Sedangkan Misi: Mengembangkan Sentra Produksi Komoditi Unggulan, Mengembangkan Jaringan Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi, Mengembangkan Kawasan Minapolitan Sebagai Kawasan Minaeduwisata, Mengembangkan Pengolahan Produk Ikan Lele, Mengembangkan Pusat Pelayanan Kawasan (Sentra Minapolitan), Mengembangkan Infrastruktur Dasar, Infrastruktur Perikanan, dan Wisata, Mengembangkan Sistem Kelembagaan minapolitan, dan Mengembangkan Pembiayaan minapolitan.


Hasil komoditas unggulan diantaranya budidaya Lele, Nila dan Patin, Mas, Gurame, Bawal, Tawes dan Tambakan.


GUNUNG SINDUR
Tersebar di desa Pangasinan, Cibinong, Gunung Sindur, Curug, Cidokom, Pabuaran dengan total produksi ikan konsumsi 5.820,44 ton per tahun.


CISEENG
Tersebar di desa Babakan, Parigi Mekar, Putat Nutug, Ciseeng, Cibentang, Cibeuteung Udik, Cibeuteung Muara, Cihoe dengan total produksi ikan konsumsi 2.895,67 ton/tahun dan hasil produksi benih 15.049.070 ek per tahun.


PARUNG
Tersebar di desa Bojong Indah, Cogreg, Bojong Sempu, Waru Jaya, Waru, Pamegar Sari dengan total produksi ikan konsumsi 7.357,60 ton per tahun.

KEMANG
Tersebar di desa Pabuaran, Kemang, Tegal, Pondok Udik, Bojong Jampang dengan total produksi ikan konsumsi  698,43 ton per tahun


Hirarki Kelembagaan Pengelola Minapolitan Bogor  
  

KEGIATAN YANG MENUNJANG PENGEMBANGAN KAWASAN MINAPOLITAN TAHUN 20210




 KEGIATAN YANG MENUNJANG PENGEMBANGAN KAWASAN MINAPOLITAN TAHUN 2011


 KEGIATAN YANG MENUNJANG PENGEMBANGAN KAWASAN MINAPOLITAN TAHUN 2012





DASAR HUKUM
PERMENKP NOMOR : PER.12/MEN/2010 TENTANG MINAPOLITAN;
KEPMENKP NOMOR : KEP.39/MEN/2011 Tentang Perubahan Atas KEPMEN KP No. KEP.32/MEN/2010 TENTANG  PENETAPAN KAWASAN MINAPOLITAN;
KEPMENKP NOMOR KEP.43/MEN/2010 TENTANG TIM KERJA MINAPOLITAN;
KEPMENKP NOMOR : KEP.01/MEN/2010 TENTANG TIM PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN KELAUTAN DAN PERIKANAN;
NOTA KESEPAKAN ANTARA KEMETERIAN KP dan PU Nomor : 06/MEN-KP/KB/VI/2010 dan Nomor : 02/PKS/M/2010 tentang PENGEMBANGAN KAWASAN EKONOMI BERBASIS KELAUTAN DAN PERIKANAN DENGAN KONSEP MINAPOLITAN;
KEPMENKP NOMOR KEP.18/MEN/2011 TENTANG PEDOMAN UMUM MINAPOLITAN.


KEBIJAKAN PERATURAN DAERAH
Perda Kab. Bogor No. 19/2008 , ttg RTRW
Perda No 7 Th 2009 tentang RPIJM Kab. Bogor
Perbup No 84/2009 ,ttg RP3 ( Revitalisasi Pertanian dan Pembangunan Pedesaan )
Keputusan Bupati Bogor No 523.31/227/Kpts/Huk/2010 ttg Penetapan Lokasi Kawasan Minapolitan
Kpts Bupati Bogor No : 523/220/Kpts/2010, Tentang : Pokja Pengembangan Minapolitan Di Kabupaten Bogor.



Kepala Disnakkan Kabupaten Bogor, Sotrisno





Editor: Alsabili
Email: beritabogor2002@ gmail.com

(sumber:Disnakkan Kab.Bogor)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 13.16. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor