Kabupaten Bogor Barat Sebatas Wacana

Harapan warga kabupaten Bogor untuk mewujudkan pemekaran wilayah Kabupaten Bogor Barat nampaknya pupus sudah

Padahal, wacana ini sudah ada sejak tahun 1990 diperjuangkan, saat gubernur Jabar dijabat oleh Yogie S Memet.

Sejumlah tokoh masyarakat dan wakil rakyat di wilayah barat kabupaten ini kiranya perlu melakukan introspeksi diri dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. Pasalnya, wacana pemekaran wilayah Kabupaten Bogor Barat yang selama ini digembar - hemborkan ternyata tak membuahkan hasil yang memuaskan.
 
Faktanya, saat sidang Paripurna DPR dalam mengesahkan tujuh RUU tentang Pembentukan Daerah Otonom Baru menjadi undang-undang, Jum'at (14/12/2012), tidak menyebutkan pemekaran wilayah Kabupaten Bogor Barat, kecuali hanya sekadar wacana saja

Sidang itu menyetujui Rancangan Undang Undang (RUU) tujuh kabupaten baru di tujuh provinsi yang meliputi RUU tentang Pembentukan Kabupaten Mahakam Ulu di Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Malaka di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Mamuju Tengah di Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Banggai Laut di Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Pulau Taliabu di Provinsi Maluku Utara, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir di Provinsi Sumatera Selatan, dan Kabupaten Kolaka Timur di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dengan disetujuinya ke tujuh RUU tentang Pembentukan Daerah Otonom Baru untuk disahkan menjadi UU itu membuat para hadirin rapat paripurna itu menyambut gembira diiringi tepuk tangan. "Semoga UU ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harap pimpinan sidang paripurna DPR RI, Marzuki Ali



Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Wasto Sumarno mengatakan jika daerah otonom baru, yakni Kabupaten Bogor Barat layak untuk dimekarkan. Pasalnya, kajian secara akademis, teknis dan fisik kewilayahan, Kabupaten Bogor Barat sudah diangggap sangat mampu.

"Skor kajian Bogor Barat itu 446 point, yang artinya sangat mampu untuk mengembangkan diri. Karena itulah Kabupaten Bogor Barat sangat layak untuk dimekarkan," kata kepada wartawan.


Ketua DPD PAN Kabupaten Bogor Usep Syefulloh mendukung wacana pemekaran diwilayah Kabupaten Bogor bagian barat sebagai wilayah tingkat kabupaten sendiri.

Menurutnya, dukungan itu juga mengalir atas desakan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas), tokoh masyarakat diwilayah Bogor Barat, dan Partai-Partai Politik tersebut.

“Keinginan masyarakat wilayah barat dalam memisahkan diri dari Kabupaten Bogor itu akibat program pembangunan Pemerintah Kabupaten Bogor yang tidak optimal,” kata Usep Saifullah. (*/als)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 23.13. dan Dikategorikan pada , , , , , , , , , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor