Data Kependudukan Kabupaten Bogor 5.295.012 Jiwa


CIBINONG - Bupati Bogor Rahmat Yasin menyerahkan Data Agregat Kependudukan (DAK2) kepada Ketua KPUD Kabupaten Bogor yang ditandatangani penandatanganan penyerahan data di Gedung Serbaguna II Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bogor, Kamis (6/12/2012).

Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang disampaikan Bupati Bogor dihadapan para perwakilan Partai Politik siang itu menyebutkan Penyerahan DAK2 merupakan salahsatu tahapan yang mendasar dalam proses Pemilihan Umum (Pemilu) sebagaimana diamanatkan oleh Undang - Undang sebagai sarana perwujudan kedaulatan rakyat untuk menghasilkan wakil rakyat yang aspiratif, berkualitas dan bertanggung jawab.

Sesuai surat Mendagri Nomor 470/7309/MD tanggal 12 Nopember 2012 tentang petunjuk penyiapan data kependudukan untuk Pemilu Tahun 2012 maka Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor telah melakukan tahapan penyusunan DAK2 setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor.

"Penyerahan data kependudukan ini merupakan amanat Undang - undang Nomor 8 Tahun 2012, yakni diantaranya Pemerintah Daerah harus menyerahkan DAK2 selambatnya 16 bulan sebelum pemungutan suara yang prosesnya melalui pemutahiran data kependudukan. Pemerintah sudah melakukan pemutahiran data sejak Tahun 2010, penerbitan nomor kependudukan dilakukan tahun 2011, dan menyelesaikan perekaman data melalui sistem e-KTP secara Nasional tahun 2012 ini," papar Bupati.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil, H.M. Subaweh melaporkan hasil perekaman dan penerbitan Kartu Keluarga serta KTP sistem informasi administrasi Kependudukan (SIAK) pada Dinas Dukcapil tercatat berjumlah 5.295.012 jiwa.

"Selanjutnya dilakukan konsolidasi database dengan cara penghapusan data ganda yang melakukan perekaman di dua kabupaten dan kota yang berbeda, penulisan dan nama tidak berkarakter semisal penggunaan angka atau koma, dan tidak memiliki nomor Kartu Keluarga," tambah H.M. Subaweh.

Hal ini guna menindaklanjuti Surat Mendagri setelah menempuh rapat koordinasi nasional tentang persiapan penyerahan DAK2 setiap kecamatan dalam rangka Pemilu 2014.

"Hari ini dilakukan serentak se-Indonesia, data DAK2 diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota kepada KPU Kabupaten dan Kota," jelas dia. (als)






JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 15.58. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor