UP2K PKK Babakan Berdayakan Masyarakat


KOTA BOGOR - Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)  PKK merupakan salah satu bentuk kegiatan dari pelaksanaan 10 program Pokok PKK.  

Program UP2K  PKK digulirkan guna meningkatkan pendapatan keluarga sehingga akan tercapai keluarga sejahtera. Sasarannya adalah keluarga-keluarga yang berpenghasilan rendah yang telah memiliki kegiatan usaha yang tergabung dalam kelompok.

Salah satu Kelurahan di Kota Bogor yang dinilai berhasil menjalankan program UP2K PKK yaitu Kelurahan Babakan Kecamatan Bogor Tengah.  “ Program UP2K PKK umumnya telah berjalan dengan baik. Kegiatannya telah menyebar  ke sebagian kelompok masyarakat yang telah dirasakan manfaatnya, “ungkap Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kelurahan Babakan Kecamatan Bogor Tengah Ny. Ine Juandi.

Adalah usaha Roti Santika dan Roti Donat milik Ny. Titing Surtini yang berlokasi di Jalan Lodaya II No : 19 Cilibende RT 03/05.  Istri dari Cecep Rosid  ini telah merasakan manfaatnya dari program UP2K PKK.  Ia mengaku, industri rumahan yang digelutinya sejak 5 Januari 2002 telah berkembang pesat. 

Berawal dari produksinya yang hanya 3 kg, yang dititipkan ke warung tetangganya mampu menyekolahkan dua anaknya sampai ke Perguruan Tinggi. “ Awalnya,  jualan kecil – kecilan hanya memproduksi roti 3 kg dan terus bertambah hingga 10 kg, “ kata Ny. Titing. 

Mulai tahun tahun 2004, Ny. Titing mengembangkan usahanya dengan menambah produksi Roti Donat. “ Untuk memasarkan usaha Kami dibantu oleh para mahasiswa IPB diploma 3,” ujarnya.
Dari usaha Poduksi Roti Santika dan Roti Donat ini Ny.Titing Surtini bisa menyekolahkan 2 anak sampai Keperguruan tinggi, dan kedua anaknya kini berhasil menjadi Sarjana 

Ny. Titing juga aktif sebagai Pokja II PKK sejak tahun 1999. Ia juga pernah dipercaya menjadi Ketua Posyandu tahun 1995. Dia juga memperoleh penghargaan  Gerakan Keluarga Sehat Sejahtera (GKSS) Tingkat Kota Bogor pada Tahun 1990.


Perkembangan modal usaha 

Ketua TP PKK Kelurahan Babakan Kecamatan Bogor Tengah Ny. Ine Juandi memaparkan, sejak tahun 2009 hingga 2012, modal usaha dikucurkan oleh BPMKB dan PKK Kota Bogor sebesar Rp10 juta, dimana setiap tahunnya sejak tahun 2009 hingga 2012 dikucurkan sebesar Rp2,5 juta.

Perkembangan modal usaha meningkat pesat sampai Oktober tahun 2012  mencapai sebesar Rp14.687.000,-  Begitu pula data perkembangan peminjam  yang meningkat setiap tahunnya. Peminjam awalnya hanya 5 orang meningkat menjadi menjadi 35 orang sampai akhir tahun 2010 atau meningkat 14,29 persen. 

Kemudian pada tahun 2011 dari 35 orang meningkat menjadi 47 orang atau 74,47 persen.  Sedangkan pada tahun 2012 dari 47 orang meningkat menjadi 60 atau meningkat 78,33 persen. “Jika dirata-ratakan dalam tiga tahun peningkatannya mencapai 55,70 persen, “ jelas Ine.

Tak hanya itu, lanjut Ine, peningkatan juga terjadi dari jenis usaha masyarakat, jika awalnya hanya 5 jenis usaha meningkat menjadi 35 jenis usaha sampai akhir tahun 2010. Selanjutnya pada tahun 2011 dari 35 jenis usaha meningkat menjadi 47 jenis usaha dan pada tahun 2012 dari 47 jenis usaha menjadi 60 jenis usaha.  

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kota Bogor Irwan Riyanto mengaku bangga dengan keberhasilan program UP2K PKK Kelurahan Babakan.  “Kelurahan Babakan menjadi wakil Kota Bogor setelah dalam lomba  UP2K-PKK Tingkat Kota Bogor berhasil meraih juara pertama, “kata Irwan.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, pada saat krisis monoter banyak perusahan-perusahan besar mengalami kebangkrutan. Namun, hanya usaha mikro yang bertahan. “UP2K PKK adalah salah satu dari kegiatan usaha mikro, “ ujarnya. 

Irwan menegaskan, program UP2K-PKK  telah membantu masyarakat kecil guna menambah penghasilan keluarganya.  “Saya berharap UP2K-PKK di Kelurahan Babakan akan semakin maju, sehingga hasilnya akan bisa dirasakan masyarakat setempat, “ imbuhnya.(eka)


JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 12.47. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor