Nama Jalan Di Kota Bogor Beraksara Sunda

KOTA BOGOR - Pemerintah Kota Bogor sudah memasang penamaan jalan yang dilengkapi dengan aksara sunda di 70 jalan protokol di wilayah Kota Bogor. 

“Dari rencana pemasangan di 100 jalan protokol, baru dipasang di 70 jalan,“ kata Kepala Seksi Manajeman Rekayasa Lalu Lintas Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor Dody Wahyudi di Balaikota Bogor, Senin (12/11/2012).

Dody mengatakan, sisanya 30 jalan lagi akan dipasang secara bertahap, sehingga 100 jalan protokol di Kota Bogor akan dilengkapi selain aksara latin juga aksara sunda.  “ Akasa sunda yang dipasang dalam papan nama yakni aksara sunda Kaganga dari Prasasti Kawali Kerajaan Galuh Ciamis, “ ujar Dody.

Ia menjelaskan, dari 70 jalan protokol yang dilengkapi aksara sunda antara lain jalan Ir. H. Juanda, Jalan Kapten Muslihat, Jalan Pajajaran, Jalan Oto Iskandardinata, Jalan Surayakencana, Jalan Pemuda, Jalan KH. Abndullah Bin Nuh, Jalan KS Tumbun, Jalan RE Martadinata, Jalan Pahlawan, dan Jalan Batu Tulis.

Sekedar mengingatkan, penamaan jalan dilengkapi aksara sunda realisasi dari amanat Perda Kota Bogor tentang pedoman Pemberiaan Nama Jalan.  Sebelumnya Walikota Bogor, Diani Budiarto, menjelaskan bahwa penamaan jalan di Kota Bogor harus menyesuaikan dengan budaya sunda atau kekhasan yang dimiliki Kota Bogor.

“Selain huruf latin, dalam penamaan jalan juga ditambah dengan aksara sunda kaganga. Penggunaan aksara sunda ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya luhur yang ternacam punah akibat jarang dipergunakan.


Pertama di Cikaret

Penamaan jalan yang dilengkapi aksara sunda pertama kalinya digagas oleh Kelurahan Cikaret Kecamatan Bogor Selatan. yaitu Jalan Rd Kosasih Kelurahan Cikaret. Hal itu dibenarkan oleh mantan Lurah Cikaret Syafrudin. 

Ia menuturkan, ketika itu dalam acara ngaliwet bareng warga Cikaret saya sempat ngobrol – ngobrol dengan Ki Dadang HP merencanakan penggunaan aksara sunda di Jalan Rd Kosasih.

Melalui ide ki Dadang, kata Syafrudin, akhirnya penamaan jalan aksara sunda terwujud untuk pertama kalinya di Kota Bogor di Jalan Kosasih. “Sampai sekarang masih ada dan masih jelas dibaca,”paparnya. (eka)






Editor: Michelle
Email: beritabogor2002@ gmail.com






JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 15.10. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor