DPKBD Kembangkan Sistem Informasi

CIBINONG  – Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah (DPKBD) Kabupaten Bogor, sebagai perangkat kerja yang bertugas membantu bupati dalam hal pengelolaan keuangan dan barang daerah, berupaya untuk meningkatkan kualitasnya.

“Dengan adanya undang-undang di bidang keuangan, kita terpacu untuk membangun transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah,” kata Kepala DPKBD Dedi Ade Bachtiar.

Lebih lanjut Dedi Bachtiar mengatakan, untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah tersebut, upaya yang dilakukan DPKBD diantaranya dengan pembangunan jaringan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD).

Sistem Informasi Keuangan Daerah ini sendiri adalah suatu aplikasi terpadu, yang dipergunakan sebagai alat bantu pemerintah daerah untuk meningkatkan efektivitas implementasi dari berbagai regulasi bidang pengellaan keuangan daerah.

“Aplikasi ini merupakan salah satu manifestasi aksi nyata fasilitasi dari Kementerian Dalam Negeri kepada pemerintah daerah dalam bidang pengelolaan keuangan daerah, dalam rangka penguatan persamaan persepsi sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah,” ujarnya.

Dedi Bachtiar mengatakan, tahapan kegiatan SIPKD telah dimulai sejak tahun 2011 lalu. Diawali dengan melaksanakan kegiatan persiapan penerapan SIPKD untuk memperkenalkan kepada SKPD suatu aplikasi yang mengimplementasikan berbagai peraturan perundang-undangan dalam bentuk sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah.

“Tahun ini akan dibangun jaringan sistem berbasis web. Oleh karena itu, SIPKD diharapkan mampu  mempermudah dan mempercepat pengelolaan administrasi keuagan secara keseluruhan. Dimulai dari penganggaran, penatausahaan, sampai dengan ouput dari pengelolaan keuangan daerah yang berupa laporan keuangan pemerintah daerah,” paparnya.

Dedi Bachtiar berharap, dengan adanya SIKPD ini, upaya peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah serta pengelolaan barang milik daerah yang dilakukan DPKBD, akan membuahkan hasil yang menggembirakan, yakni LKPD dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). =ken/als    






JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 19.31. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor