Bupati Raih Penghargaan Lingkungan Hidup

Upaya Bupati Bogor Rachmat Yasin melakukan kegiatan penanaman satu miliar pohon atau One Billion Indonesian Trees (OBIT) di wilayah Kabupaten Bogor mendapatkan ganjaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar).

Dalam acara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Bulan Menanam Nasional, Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon, dan Pencanangan Penanaman Gerakan Rehabilitasi Lahan Kritis tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2012 di Puncak Resort, Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Kamis (22/11/2012).

Bupati menerima penghargaan dan trophy peringkat pertama atas prestasinya dalam lomba penanaman satu miliar pohon tahun 2011 dalam kategori kinerja Bupati dari Pemprov Jabar.

Penghargaan dan trophy dari Pemprov Jabar ini diberikan kepada Bupati Bogor dikarenakan telah berhasil melakukan penanaman pohon sebanyak 10,5 juta pada tahun 2011 dalam upaya mensukseskan program penanaman satu miliar pohon di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan kriteria penilaian yang mengharuskan realisasi tanam bibit lebih dari 10 juta. Pemberian penghargaan dan trophy ini langsung diberikan oleh Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan kepada Bupati Bogor.

Menanggapi hal ini, Bupati menyatakan penghargaan ini ia dedikasikan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bogor. “Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bogor atas semangatnya untuk menghijaukan Kabupaten Bogor,” kata Bupati.

Bupati juga menjelaskan kegiatan menanam ini akan terus dilakukan di wilayah Kabupaten Bogor. “Kita memiliki agenda agar tiap bulan minimal ada kegiatan menanam minimal di tiga Kecamatan, jika hal tersebut dilakukan maka akan semakin hijau Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Ia menambahkan agar kegiatan menanam ini dapat dilaksanakan oleh semua pihak sebagai kegiatan yang menjadi rutinitas. “Penanaman yang dilakukan selama ini sudah bagus namun harus selalu ditingkatkan, dan juga kegiatan penanaman ini harus menjadi kebiasaan yang selalu dilakukan bukan hanya sekedar ikut – ikutan saja,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan dalam sambutannya mengungkapkan Provinsi Jabar telah mencanangkan target penanaman satu miliar pohon sebanyak 170 juta batang pohon atau setara empat kali jumlah penduduk Jabar. “Kegiatan ini merupakan sebuah bukti komitmen Jawa Barat untuk selalu melestarikan alam, dan pada akhirnya Pemprov Jabar telah mencatat rekor MURI atas penanaman serentak di seluruh Jabar pada tahun 2012 ini,” ungkap Gubernur Jabar.

Gubernur pun berharap dengan kegiatan penanaman yang terus dilakukan dapat mengurangi dampak kerusakan alam seperti bencana yang akhir – akhir ini terjadi. “Mudah – mudahan bencana banjir dan longsor yg akhir – akhir ini terjadi tidak terulang lagi dengan kegiatan menanam yang kita semua lakukan,” harapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor, M. Zairin mengatakan target penanaman pada tahun ini mencapai 18 juta pohon. “kami lebih menggerakan lagi kegiatan penanaman seperti di sekolah – sekolah, pondok pesantren, dan di jalan – jalan umum sehingga target tersebut dapat tercapai,” imbuhnya.

Dalam kegiatan kali ini Gubernur Jabar juga memberikan penghargaan dan trophy kepada SD Madania, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor sebagai pemenang peringkat pertama lomba kecil menanam dewasa memanen, serta kepada Penyuluh Kehutanan Kecamatan Leuwiliang, Demus Silaen sebagai pemenang peringkat dua pada kategori penyuluh kehutanan.

Selain memberikan penghargaan dalam kegiatan kali ini Gubernur Jabar dan Bupati Bogor berkesempatan melakukan penanaman pohon di sekitar tempat berlangsungnya acara. Gubernur Jabar kali ini menanam pohon Gandaria, sedangkan Bupati Bogor menanam pohon Nam – Nam. (ari/ice)









Editor: Michelle
Email: beritabogor2002@ gmail.com


JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 14.53. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor