SDN Polisi 4 Jawara Rampak Sekar 2012


KOTA BOGOR - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Polisi 4 Kota Bogor juara Festival  Rampak  Sekar  yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor di Gedung Kemuning Gading Bogor Senin (29/10/2012)

Sedangkan untuk juara kedua diraih oleh SDN Polisi 1 dan Juara Ke 3 SD Regina Pacis Kota Bogor.  Kepada para pemenang selain diberikan Piala juga uang pembinaan.

Untuk juara pertama memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 2.500.000,- juara ke dua Rp 1.500.000,- dan juara ketiga memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 1.250.000,-.

Kepala Seksi Pelestarian Sejarah dan Nilai Pelestarian Tradisional  Bidang kebudayaan pada Disbudpar Kota Bogor Lusi Rosella Lestari  mengatakan, kegiatan ini diikuti 210 siswa SD terdiri dari 7 Kelompok atau group dari 7 Sekolah

“Kegiatan ini merupakan program dari pengelolaan keragaman budaya, dimana bentuk kegiatannya adalah festival budaya, dalam bentuk pasanggiri rampak sekar antar SD, “ kata Lusi.

Adapun tujuannya, lanjut Lusi, dalam upaya melestarikan seni budaya, khususnya  seni kawih rampak sekar, khususnya seni yang jarang disaksikan di masyarakat, khususnya di lingkungan pendidikan atau Sekolah. “Kami mempunyai kewajiban untuk memfasilitasi dalam bentuk pasanggiri rampak sekar, “ kata Lusi.

Sementara itu, Walikota Diani Budiarto yang diwakili Kepala Disbudpar Yanyan Rusmana mengatakan,  kegiatan ini merupakan bagian tidak terpisahkan dari langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor melalui Disbudpar untuk melestarikan  khasanah budaya daerah.  “Jadi. melalui kegiatan ini, kita berharap para pelajar SD akan memiliki kebanggaan atas karya seni Sunda yang khususnya Rampak Sekar, “ kata Yanyan.

Selain itu, lanjutnya, diharapkan para pelajar SD akan tergerak untuk mau dekat, lalu mengenal, dan akhirnya kembali mencintai berbagai seni tradisional. Hal ini menjadi penting karena tantangan dalam melestarikan seni dan budaya tradisional semakin berat. “Tantangan itu tidak hanya datang dari luar seperti derasnya arus globalisasi yang memang tidak dapat kita elak lagi seiring dengan kemajuan teknologi dan komunikasi, “ ungkapnya. (eka)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 23.17. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor