Yayasan Batik Jabar Kunjungi Galery Bogor

KOTA BOGOR - Ketua Yayasan Batik Jawa Barat Ny. Sendy Dede Yusuf mengapresiasi Gallery Batik Bogor Handayani Geulis yang dikelola Ibu Ratna berlokasi di Jl. Cimandiri Blok A III No.1 Perumahan Bogor Baru Kelurahan Tegal Gundil Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Sebagai bentuk apresiasi, Ny. Sendy Dede Yusuf menyerahkan satu unit kompor untuk fasilitas membatik. Bantuan tersebut diserahkan Ny.Sendy saat mengunjungi Gallery Batik Bogor Handayan, Selasa (25/9/2012) petang.

Kedatangan istri Wakil Gubernur Jabar tersebut diterima Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor Eddy Supriadi Warsa didampingi Ketua Dekranasda Kota Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto, Camat Bogor Utara Tri Irianto, Camat Bogor Tengah Hestiningsih,

Dalam sambutan tertulisnya Walikota Bogor disampaikan Kepala Disperindag Kota Bogor Eddy Supriadi Warsa berharap, dengan bantuan kompor kepada pengrajin batik di Kota Bogor akan memperoleh tambahan dukungan dan tambahan bersemangat di dalam berkarya.

Sebab kompor ini, lanjutnya,  tidak bisa hanya dilihat berdasarkan fungsimya, tetapi yang paling penting bentuk perhatian dan dukungan yang besar khususnya yang diberikan oleh Ketua Yayasan Batik Jawa Barat kepada pengrajin batik di Kota Bogor. “Batik Jawa Barat yang khas dan pernah berjaya di masa lalu perlu dibangkitkan kembali dan di dorong supaya berkembang, “ harapnya.

Untuk itu Pemerintah Kota Bogor bekerjasama dengan Dekranasda Kota Bogor, akan terus berusaha untuk membina dan membantu para pengrajin batik Kota Bogor. “Kami menyadari bahwa batik Bogor adalah salah satu warisan bangsa yang tidak hanya milik warga Bogor melainkan milik Bangsa Indonesia, “ ungkapnya.

Ketua Yayasan Batik Jawa Barat Ny. Sendy Dede Yusuf mengatakan, kunjungannya ke pengrajin batik di Bogor merupakan kedua kalinya. Bantuan satu unit kompor kepada para pengrajin  batik merupakan bantuan dari Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudoyono yang didistribusikan oleh Yayasan Batik Jawa Barat kepada seluruh pengrajin Batik yang ada di Jawa Barat.


Kunjungi Galery Batik Bogor

Disebutkan, bahwa di seluruh Jawa Barat sudah ada di 23 Kota/Kabupaten penghasil batik. “Kalaupun sebelumnya batik memang sudah ada,  seperti di Garut, Tasikmalaya  Indramayu, Ciamis dan Cirebon,” katanya.

Sendy berharap bermunculannya para pengrajin batik baru  akan memberikan peluang atau kesempatan kerja bagi generasi muda atau ibu-ibu sehingga bisa memberikan tambahan untuk ekonomi keluarganya.

Ia menambahkan, batik telah mendapatkan penetapan dan pengukuhan dari UNESCO bahwa batik adalah warisan budaya dunia dari Indonesia. “Makanya, batik harus kita jaga, karenanya menjadi kewajiban masyarakat Indonesia untuk melestarikannya, mengembangkannya dan memanfaatkannya, “ imbuhnya. (eka)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 13.22. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor