Mobil Tinja Bantuan Kementrian PU


KOTA BOGOR - Bantuan satu unit mobil tinja dari Kementerian Pekerjaan Umum untuk Kota Bogor diterima Walikota Bogor.

Hal ini menyusul keberhasilan Pemerintah Kota Bogor meraih penghargaan peringkat ketiga untuk Katagori Kota Besar dalan ajang penilaian Kinerja Pemerintah Daerah (PKPD) Sub Bidang Cipta Karya penyelenggaraan permukinan tahun 2012 dari Kementerian Pekerjaan Umum.

Bantuan mobil tinja tersebut diserahkan Staf Ahli Menteri PU Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat  Hediyanto W Husaini kepada Walikota Bogor di Balaikota Bogor,  Selasa (18/9/2012).

Hediyanto menjelaskan, penghargaan PKPD diberikan dalam rangkaian memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum yang diperingati setiap tanggal 3 Desember.   Tujuannya, memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah  yang berhasil menunjukan kinerja yang memadai didalam bidang pekerjaan umum terutama dalam hal melayani masyarakat.

Selain itu, mendorong Pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dibidang pekerjaan umum.  “Sebelumnya kami menyeleksi seluruh daerah peserta dibidang ke Cipta karyaan, “ kata Hediyanto.

Staf Ahli Kementerian PU  Hediyanto menjelaskan, tim penilai yang dilibatkan yaitu para pakar dan pengamat permukiman, perguruan tinggi, asosiasi profesi, serta unsut Ditjen Cipta Karya.  Sedangkan penilaiannya meliputi, pengembangan air minum, pengembangan penyehatan lingkungan permukiman, pengembangan permukiman  dan penataan bangunan dan lingkungan.

Diungkapkan, aspek penting yang mendorong keberhasilan Kota Bogor adalah komitmen Pemkot Bogor dalam menangani masalah permukinan di wilayahnya, antara lain mendorong masyarakat maupun stakeholder untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan sejak tahap perencanaan sampai pelaksanaan serta penerapan beragam regulasi (perda-red) yang mendukung penyelenggaraan permukiman.

Hediyanto menilai bahwa Komitmen Pemkot Bogor juga sangat tinggi terhadap upaya peningkatan pelayanan air minum, ditunjukkan dengan disiapkannya standar pelayanan ISO seri 14.000 (managemen lingkungan) serta unit Produksi telah memperoleh sertifikat halal selama 3 tahun terakhir.

Selain itu, lanjutnya, Pemkot Bogor saat ini sedang menyiapkan pengolahan lumpur serta menggunakan  kembali air Backwash Filter  dan menambah Zona Air Minum Prima  (ZAMP)  yang dirancang sebagai wilayah air siap minum yakni air yang disalurkan ke wilayah sudah memenuhi syarat untuk bisa diminum langsung tanpa harus dimasak lebih dahulu.


Mobil Tinja bantuan Kementerian PU

Mengenai bantuan mobil tinja, Hediyanto mengatakan, bahwa bantuan mobil tinja tersebut sebagai bentuk apresiasi dari Kementerian PU kepada Pemerintah Kota Bogor. Mobil tinja berkapasitas 300 liter tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Kota Bogor.

Sementara itu Walikota Bogor Diani Budiarto mengharapkan, dengan diraihnya penghargaan dari Kementerian PU akan lebih memacu lagi aparatnya  dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Bogor.

Selain itu, lanjutnya.  bahwa penghargaan tersebut sebagai motivasi bagi Dinas dan Instansi lainnya,  tidak hanya bidang ke PU, tapi juga  dbidang – bidang lainnya.  “Mobil tinja bantuan dari Kementerian PU tersebut siap dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Kota Bogor, “ imbuhnya. (yan/gus)



JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 22.09. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor