MA Dapat Hibah Tanah Dari Pemkab Bogor



CIBINONG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menghibahkan aset tanah seluas dua ribu meter persegi kepada Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia melalui Pengadilan Negeri (PN) Cibinong, pekan kemarin.

Tanah seluas dua ribu meter persegi yang dihibahkan oleh Pemkab Bogor ini berlokasi tepat di sebelah barat kantor PN Cibinong Jalan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor.

Bertempat di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong Kabupaten Bogor, Penyerahan tanah hibah ini ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan yang dilakukan oleh Bupati Bogor bersama Kepala PN Cibinong. Rencananya tanah hibah dari Pemkab Bogor ini akan digunakan oleh PN Cibinong untuk lahan bagi pembangunan ruang sidang anak, gedung mediasi, ruang perpustakaan, ruang arsip, gudang, dan faktor penunjang lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Bogor Rachmat Yasin menyatakan hibah tanah ini dilakukan semata - mata dilakukan untuk membantu PN Cibinong dalam menegakan hukum di wilayah Kabupaten Bogor. "Dengan hibah tanah ini, mudah - mudahan status PN Cibinong dapat ditingkatkan statusnya menjadi kelas 1A secepatnya," katanya.

Bupati menambahkan, peningkatan status PN Cibinong dari kelas 1B menjadi kelas 1A dirasa sangat penting mengingat wilayah Kabupaten Bogor sangat luas dan memiliki permasalahan di bidang hukum yang beragam. "Mudah - mudahan dengan hibah tanah ini dapat membantu kinerja PN Cibinong di wilayah Kabupaten Bogor yang luas, dan tentunya dengan permasalahan hukum yang beragam," tambahnya.

Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat Sareh Wiyono berharap MA segera memproses kenaikan kelas PN Cibinong. "Saya harap dengan hibah tanah ini dapat membuat MA segera memproses kenaikan kelas PN Cibinong menjadi kelas 1A," harap Sareh yang pernah menjabat sebagai Ketua paling pertama di PN Cibinong.

Sementara itu, Ketua MA Hatta Ali mengucapkan terima kasih sebesar - besarnya kepada Pemkab Bogor atas hibah tanah ini. "Terima kasih atas bantuan Pemkab Bogor atas hibah tanahnya, hal tersebut mencerminkan bahwa Pemkab Bogor sangat peduli terhadap kinerja PN Cibinong dalam menegakan hukum di wilayahnya," ujarnya.

Ketua MA juga sangat mengapresiasi keinginan banyak pihak untuk meningkatkan status PN Cibinong menjadi kelas 1A. Atas dasar tersebut, Hatta menegaskan akan segera menindak lanjuti kenaikan kelas PN Cibinong menjadi kelas 1A melalui Sekretaris MA.

"Dengan adanya perluasan tanah, serta peningkatan jumlah penduduk di Kabupaten Bogor yang telah mencapai kurang lebih lima juta penduduk, akan segera kita tindak lanjuti keinginan PN Cibinong untuk naik kelas menjadi 1A, oleh karena itu saya perintahkan Sekretaris MA untuk segera memprosesnya," tegasnya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyambut baik atas hibah tanah ini dan berpesan kepada PN Cibinong agar meningkatkan kinerjanya. "Dengan hibah tanah ini hendaknya membuat PN Cibinong lebih bersemangat lagi untuk meningkatkan kinerjanya," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala PN Cibinong Sumpeno menjelaskan bahwa tanah hibah ini akan digunakan semaksimal mungkin untuk menunjang kinerja PN Cibinong dalam menegakan hukum di Kabupaten Bogor. "Tanah yang dihibahkan oleh Pemkab Bogor akan kami gunakan membangun sarana penunjang kinerja kami untuk menegakan hukum di Kabupaten Bogor," jelasnya.

Pada kesempatan kali ini Ketua MA juga berkesempatan untuk meresmikan Masjid Al - Jimahelah yang ada di lingkungan PN Cibinong. Peresmian Masjid ini ditandai dengan penandatanganan prasasti, pelepasan balon ke udara, serta peninjauan Masjid oleh Ketua MA didampingi para petinggi MA, Gubernur Jawa Barat, Bupati Bogor, serta para undangan.

Acara pun dilanjutkan dengan halal bi halal keluarga besar Pengadilan Tinggi Jawa Barat bersama para ketua, wakil ketua & panitera atau sekretaris Pengadilan Negeri se - Jawa Barat, serta para undangan yang menghadiri acara ini.

Acara ini turut pula dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Irfan Suryanagara, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Barat, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Iyus Djuher didampingi oleh para Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bogor Ade Munawaroh, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bogor, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Nurhayanti, serta para SKPD di lingkup Pemkab Bogor. (*/als)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 17.32. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor